Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

2.000 PNS Dididik Jadi Penyidik Tata Ruang

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah berencana merekrut sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) guna dididik menjadi penyidik khusus tata ruang.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 17 Juli 2013  |  23:32 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah berencana merekrut sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) guna dididik menjadi penyidik khusus tata ruang.

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengatakan para PNS itu akan diberi pendidikan khusus oleh Bareskrim Polri.

“Setidaknya diperlukan sebanyak 2.000 PNS dari seluruh Indonesia untuk menjadi tenaga penyidik khusus tata ruang. Mereka akan mengikuti pendidikan dari Bareskrim Polri selama 200 jam,” ungkapnya saat meluncurkan Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Koordinasi  Nasional Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Penataan Ruang, Rabu (17/7/2013).

Dia menjelaskan para PNS itu kemudian akan ditugaskan menjadi penyidik tata ruang di daerah asalnya masing-masing. Hal ini dilakukan untuk mengawasi berbagai pelanggaran yang terjadi di bidang tata ruang seperti pemanfaatan lahan yang salah, penebangan hutan sembarangan yang menyalahi tata ruang.

“Mereka harus menguasai  apa yang  diselidiki untuk selanjutnya menyerahkannya kepada pihak kepolisian dan merekomendasi sanksi yang akan ditetapkan oleh kejaksaan,” tuturnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tata ruang ppns penyidik tata ruang
Editor : Yusran Yunus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top