Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saingi China, Manusia Terkaya Tanam Tomat di Nigeria

Aliko Dangote (f:bloomberg) Shittu Ibrahim Ekes menafkahi dua istri dan 11 anak dengan menjual tomat. Dia tumbuh bersama orang-orang yang lewat di sepanjang jalan raya di lembah Kadawa dekat Kano, kota terbesar di Nigeria utara. Akibat tidak ada cara

Aliko Dangote (f:bloomberg)

Shittu Ibrahim Ekes menafkahi dua istri dan 11 anak dengan menjual tomat. Dia tumbuh bersama orang-orang yang lewat di sepanjang jalan raya di lembah Kadawa dekat Kano, kota terbesar di Nigeria utara. Akibat tidak ada cara untuk mencari pelanggan baru, sekitar dua-pertiga dari hasil panennya pun membusuk.

Sekarang, bank sentral Afrika dan orang terkaya di negeri ini seperti Aliko Dangote telah bekerja sama untuk mendirikan pabrik pasta tomat senilai US$ 25 juta, yang meningkatkan pendapatan bagi Ibrahim dan sekitar 8.000 petani lainnya yang tinggal di lembah itu.

"Kami melakukan ini hanya untuk memberi makan, seperti yang Anda lihat, saya tidak mampu membayar kemewahan hidup," kata pria gempal 56 tahun saat ia duduk di bangku pada 6 Juni di luar rumah yang berdinding lumpur, yang dikelilingi oleh ladang tomat sejauh mata dapat melihat.

Menurutnya, ada prospek yang lebih baik dengan menjadi pemasok Dangote karena memiliki pembeli dari seluruh negeri. Dia berharap kondisi kemitraan itu akan terus membaik.

Intervensi oleh Bank Sentral Nigeria, yang melakukan studi untuk menunjukkan bahwa pengolahan tomat lokal lebih murah daripada mengimpor pasta dari Cina, merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memotong impor pangan tahunan yang mencapai lebih dari US$ 10 miliar.

Program tersebut juga bagian dari rencana meningkatkan pertanian di negara yang mencapai kemandirian padangan pada 1960, sekaligus menciptakan lapangan kerja di baagian utara di mana kemiskinan dan pengangguran telah memicu pemberontakan Islam.

"Kami ingin mengambil Kadawa sebagai model, dan membuktikan bahwa dengan aplikasi yang tepat dari kebijakan pemerintah, kita bisa mendapatkan pembiayaan untuk sektor ini, meningkatkan produktivitas, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan," kata Gubernur Bank Sentral Nigeria Sanusi Lamido pada Juni 25.

Kebab Pedas

Penelitian pada 2011 menunjukkan bahwa Nigeria, negara berpenduduk terbesar Afrika, menguras devisa US$360 juta untuk mengimpor pasta tomat lebih dari 300.000 ton per tahun dari perusahaan termasuk Baoding Sanyuan Food Packing Co yang berbasis di Hebei, Cina dan Olam International Ltd (OLAM) Singapura.

Padahal, Nigeria memproduksi 1,5 juta ton tomat setiap tahunnya, tetapi sekitar 900.000 ton di antaraanya membusuk, kata Menteri Pertanian Akinwunmi Adesina, dalam presentasinya di Abuja, Ibu Kota Nigeria, pada 13 Juni.

Konsumsi tahunan tomat Nigeria sekitar 900.000 ton. Tomat dalam masakan Nigeria yang populer di antaranya Suya, kebab daging yang pedas dengan kelezatan daging yang diolesi tomat mentah, serta sup tomat, yang dimakan dengan nasi, kacang-kacangan, ubi jalar dan singkong adonan.

Dansa Holdings Ltd, anak usaha Dangote Group dengan aset US$ 19,9 miliar dari kekayaan Dangote Aliko, membangun proyek tomat setelah gagal mendapatkan importir termasuk Olam, Conserveria Africana Ltd, dan Chi Group Ltd untuk membentuk usaha.

Tanaman tomat diharapkan memulai ditanam pada November dan akan menghasilkan lebih dari 400.000 ton pasta tomat setiap tahunnya. Sebagian tomat akan dipasok dari petani di Kadawa Loire.
 

Menuai Imbalan

Petani akan menerima jaminan harga sekitar US$700 per ton dibandingkan dengan harga rata-rata saat ini kurang dari US$ 350, demikian bank sentral.

Dangote, orang terkaya di dunia ke-32 menurut Bloomberg Billionaires Index, memiliki bisnis termasuk pabrik tepung, pabrik pengalengan buah, dan pabrik pengolahan kelapa sawit. Ia juga memiliki aset semen, garam dan minyak. Ia lahir di Kano.

"Ini adalah kerja sama win-win. Kami memiliki harga yang bersaing dengan petani dan memiliki harga yang membuat tomat bernilai lebih baik," kata Sani Dangote, wakil presiden Dangote Group dan saudara laki-laki Aliko Dangote, dalam wawancara 18 Juni di Abuja.

"Ini pertanian yang dapat menghilangkan kemiskinan dalam semalam karena tidak butuh waktu lama bagi petani untuk melihat hasil dan menuai hasilnya."

Pertanian terhitung menyumbang lebih dari 40% dari perekonomian negara produsen minyak terbesar di Afrika, sebagian besar output berasal dari petani subsisten yang makan banyak dari apa yang mereka tumbuh.

Buat Kesejahteraan

Financial Derivatif Co yang berbasis di Lagos mengungkapkan di Selatan, produk domestik bruto per kapita US$ 1.436, dan di utara US$ 718. Nigeria kini pengimpor beras terbesar edua dunia dan pembeli gandum dan gula terbesar di sub-Sahara Afrika.

Petani di utara Nigeria menanam kapas, kacang, kecipir, dan beras untuk ekspor. Setengah dari Nigeria 160 juta orang tinggal di daerah pedesaan dan empat-perlima dari mereka hidup dengan pendapatan kurang dari US$1 per hari, menurut Dana Internasional PBB untuk Pembangunan Pertanian.

Nigeria menarik investasi pertanian senilai lebih dari US$ 8 miliar dalam 18 bulan terakhir, kata Adesina. Namun, hanya 40% dari 21 juta hektar (51,9 juta hektar) lahan pertanian dibudidayakan.

"Strategi kami adalah untuk mengubah wajah utara," kata Adesina. "Kami menggunakan pertanian untuk mengurangi kemiskinan, niat kami adalah untuk menciptakan kekayaan."

Jaminan Kredit

Kunci rencana pemerintah untuk mengakhiri impor beras, yang menelan biaya 1 miliar naira (US$ 6,2 juta) per hari, dan pada 2015 memperluas ekspor tanaman, adalah menciptakan kredit channeling ke sektor pertanian.

Nigeria Incentive-Based Risk-Sharing System for Agricultural Lending (Nirsal)—unit Bank Sentral Nigeria, akan  melakukan studi tomat, juga menyediakan jaminan kredit untuk memungkinkan bank untuk memberikan pinjaman kepada petani, kata Jude Uzonwanne, kepala dan mantan konsultan Monitor Group yang berbasis Boston.

Di Kadawa, Nirsal ditentukan bahwa "sekitar 8.000 petani yang menggunakan sekitar 5.000 hektar membutuhkan sekitar 4 miliar naira modal kerja," katanya. Di tempat ini juga didirikan kantor agronomist dan manajer untuk menjalankan semua mekanik tengah antara tumbuh tanaman dan memberikan ke pabrik Dangote."

Keripik Singkong

Dalam proyek tomat, Nirsal akan menjamin 75% dari pinjaman untuk pertanian, seperti halnya menjamin untuk kredit bagi usaha keripik singkong, kedele, kakao dan kulit.

Berdasarkan data Komite Perbankan, pinjaman pertanian mengontribusi kredit 3,8% pada februar, naik dari capaian pad Desember 2009 yang hanya 1,5%. Bank sentra menargetkan peningkatan hingga menjadi 10% pada 2016.

Dansa mengharapkan untuk menghasilkan cukup pasta tomat baik untuk pasar lokal dan ekspor, kata Sani Dangote.  Eksportir Cina ke Nigeria telah merespon.
"Kami telah melihat harga dari China turun 30% dalam proyeksi kami," katanya. "Semua orang di dunia menyadari proyek kami tomat."

Untuk Ibrahim perkembangan ini menandai pergantian keberuntungan. "Sebelumnya, harga tomat akan terus turun karena semua petani menjual pada saat yang sama," katanya. "Dengan kedatangan pabrik Dangote, harga tidak akan turun seperti itu lagi. Kita dapat yakin pendapatan yang stabil. "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul-nonaktif
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper