Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOL CIKAMPEK-PALIMANAN: Pinjaman Rp1 Triliun Dicairkan

BISNIS.COM, JAKARTA-PT Lintas Marga Sedaya (LMS) pada Rabu (26/6/2013) telah mencairkan kredit sindikasi perbankan senilai sekitar Rp 1 triliun untuk membiayai pembangunan proyek tol Cikampek-Palimanan (Cipali). Pencairan kredit tahap pertama ini merupakan

BISNIS.COM, JAKARTA-PT Lintas Marga Sedaya (LMS) pada Rabu (26/6/2013) telah mencairkan kredit sindikasi perbankan senilai sekitar Rp 1 triliun untuk membiayai pembangunan proyek tol Cikampek-Palimanan (Cipali).

Pencairan kredit tahap pertama ini merupakan bagian dari kredit sindikasi 22 bank yang dipimpin oleh Bank BCA bersama dengan Bank DKI dengan komitmen pinjaman sebesar total Rp 8,8 triliun.

Presiden Direktur LMS, Muhammad Fadzil mengatakan, pencairan kredit dari perbankan nasional ini menjadi bukti dari komitmen dan kerja keras LMS untuk mempercepat pembangunan jalan tol Cipali. Proyek jalan tol sepanjang 116 km ini diharapkan selesai dan dapat beroperasi pada tahun 2015 mendatang.

“Kami menyadari bahwa proyek tol Cipali ini sangat strategis untuk mendorong ekonomi nasional dan menciptakan manfaat ekonomi yang tinggi bagi masyarakat di sekitar proyek tol. Oleh karena itu, kami berharap dukungan seluruh pihak agar pembangunan ini dapat segera selesai,” kata Fadzil dalam rilis yang diterima Bisnis, hari ini (27/6/2013)

Hingga Juni 2013, perkembangan konstruksi pada seluruh ruas tol Cipali sudah mencapai 4,4% dari total target sebesar 3%. Dengan pencairan kredit sindikasi dari perbankan ini perkembangan konstruksi diharapkan akan dapat berjalan lebih cepat. Apalagi proses pembebasan lahan berlangsung dengan baik.  

“Kami gembira bahwa beberapa warga yang semula menolak dilakukan pembebasan, saat ini sudah mulai memahami dan menerima dana kompensasi yang ditetapkan oleh pemerintah. Warga akhirnya menyadari bahwa proyek tol ini adalah proyek Nasional dan dimanfaatkan bagi kepentingan umum,” ujarnya.

Direktur LMS Steve Ginting menambahkan, jalan tol Cipali terbagi menjadi enam seksi dan memiliki jumlah simpang susun (interchange) sebanyak 7 buah  yang meliputi: SS Cikopo, Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati, Sumberjaya dan Palimanan.

Jika jalan tol ini nanti beroperasi, diharapkan jarak tempuh Jakarta-Cirebon yang selama ini harus melalui Pantai Utara (Pantura) akan semakin pendek.



"Selain dapat mengurai kemacetan, jalan tol Cipali diharapkan mampu mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas dan menciptakan efisiensi bagi para pelaku usaha".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper