Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MOGOK KERJA DI PRIOK: Berpotensi Timbulkan Kerugian Rp2 Triliun

BISNIS.COM, JAKARTA--Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) mengestimasi nilai kerugian dampak dari setop operasi jasa angkutan kepelabuhanan pada hari ini, Senin (3 Juni) bisa  mencapai Rp2 triliun dan akan bertambah jika aksi mogok operasi

BISNIS.COM, JAKARTA--Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) mengestimasi nilai kerugian dampak dari setop operasi jasa angkutan kepelabuhanan pada hari ini, Senin (3 Juni) bisa  mencapai Rp2 triliun dan akan bertambah jika aksi mogok operasi itu berlanjut. 

Ketua ALFI Iskandar Zulkarnain mengatakan latar belakang setop operasi hari ini karena PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II dinilai melakukan monopoli kegiatan usaha jasa kepelabuhan dari hulu dan dari hilir dengan mendirikan anak-anak usaha yang bergerak pada jasa pendukung kepelabuhanan. 

"Kami merasa terancam dari usaha yang kami rintis puluhan tahun. Kami menginginkan pemerintah bekerja sama dengan swasta seperti lokomotif kita gerbong untuk melakukan kegiatan ini bersama-sama," katanya di Pos 9 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (3/6). 

Dari asosiasi, katanya, memiliki armada sekitar 200 anggota, sedangkan Organda pelabuhan juga mengerahkan 585 anggota untuk melakukan aksi setop operasi mulai hari ini sampai batas waktu yang belum ditentukan. 

"Potensi kerugian mencapai Rp2 triliun khusus hari ini," katanya. 

Aksi setop operasi ini terlihat cukup berdampak signifikan terhadap lalu lintas dari dan menuju Pelabuhan Tanjung Priok. 

Berdasarkan pantauan di Pos 9 Priok, persis di depan Jakarta International Terminal Container, arus lalu lintas yang dalam 3-4 hari ini macet total itu nampak lancar karena jumlah truk yang melintas berkurang drastis akibat setop operasi ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Tahir Saleh
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper