Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IMPOR DAGING SAPI Dipercepat Jelang Ramadan

BISNIS.COM, JAKARTA--Kementerian Pertanian akan mempercepat realisasi impor 20.000 ton-30.000 ton daging sapi dari semula dijadwalkan pada triwulan III menjadi triwulan II untuk mengamankan stok menjelang Ramadan.Hal itu dikemukakan Wakil Menteri Pertanian

BISNIS.COM, JAKARTA--Kementerian Pertanian akan mempercepat realisasi impor 20.000 ton-30.000 ton daging sapi dari semula dijadwalkan pada triwulan III menjadi triwulan II untuk mengamankan stok menjelang Ramadan.

Hal itu dikemukakan Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan ketika ditemui di Komplek Istana Kepresidenan usai pelantikan KSAD yang baru, Rabu (22/5/2013).

Rusman menuturkan dalam setahun pihaknya akan mengimpor sebanyak 80.000 ton daging sapi. Impor tersebut dipenggal-penggal menjadi rata-rata 20.000 ton setiap triwulan.

Pada triwulan III/2013, menurutnya, kementerian akan mengimpor sebanyak 20.000 ton - 30.000 ton daging sapi.

Akan tetapi pihaknya memperkirakan akan ada peningkatan permintaan (demand) daging sapi di pasar, terutama menjelang Ramadhan yang jatuh pada Juli 2013.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi permintaan yang lebih tinggi pada bulan suciúmat Muslim tersebut, pihaknya akan mempercepat realisasi impor.

Menurutnya, ada demand shocked. Orang yang tidak biasa makan daging jadi sering makan daging. Apalagi jelang Lebaran.

"Makanya kami majukan [impor daging]. Realisasinya dipercepat dari triwulan III ditarik jadi triwulan II. Juni harus sudah [impor] ya," ujarnya.

Untuk kebijakan melakukan impor daging sapi, ujarnya, kementerian akan memberikan ruang kepada Bulog.

Rusman tidak menampik jika pasokan sapi di dalam negeri mencukupi. Akan tetapi, dia mengakui memang ada kendala dalam distribusi.

"Itu memang menjadi pekerjaan ya. Barang ada tapi kalau sistem logististik tidak jalan, ya barang menjadi lebih mahal," ujarnya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggi Oktarinda
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper