Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOL CIKAPALI: Bank Perketat Syarat, Proses Konstruksi Terhambat

BISNIS.COM,JAKARTA-Pembangunan fisik tol Cikampek-Palimanan (Cikapi) terkendala dalam proses pembiayaan pinjaman dari bank menyusul belum diselesaikannya third partied agreement. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Acmad Gani Gazaly mengatakan proses

BISNIS.COM,JAKARTA-Pembangunan fisik tol Cikampek-Palimanan (Cikapi) terkendala dalam proses pembiayaan pinjaman dari bank menyusul belum diselesaikannya third partied agreement.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Acmad Gani Gazaly mengatakan proses konstruksi tol sepanjang 116 km itu belum menunjukkan proses yang signifikan. "Masih hutan semua, padahal tanahnya sudah siap. Ada masalah di financing," katanya, Senin (20/5/2013).

Dia menjelaskan masalah itu muncul dari kebikakan Bank Indonesia yang mematok rasio NPL bank maksimal 5%, sehingga sindikasi bank yang akan memberikan pinjaman pada tol yang 55% sahamnya dimiliki oleh anak usaha BUMN Malaysia itu mempersulit syarat-syarat yang ada.

Menurutnya, bisnis tol memang tidak terlalu menguntungkan. Dia mencontohkan untuk biaya perawatan, operasionalisasi dan pengembalian utang tol Bali selama 45 tahun mencapai Rp4 triliun, sedangkan untung yang akan diraih hanya Rp 700 miliar.

"Inilah yang menyebabkan bank tadi meningkatkan syaratnya. Mereka tidak bisa mengambil risiko terlalu besar, apalagi pemegang konsensi tol ini bukan BUMN kita".

Kendati demikian, Gani memastikan sindikasi bank itu tetap memberikan kredit kepada PT Lintas Marga Sedaya. "Sindilasi bank masih harus melengkapi beberapa administrasi, sehingga pencairan pinjaman dapat diproses".

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper