Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BISNIS PROPERTI: Gunakan Sarang Laba-Laba, Basko Bangun Padang Green City

BISNIS.COM, JAKARTA -- Basko Group melalui anak usaha PT Graha Jakarta Utama membangun Padang Green City superblok di Padang, Sumatra Barat yang dirancang tahan terhadap gempa. "Kami akan membangun Padang Green City menggunakan pondasi konstruksi sarang

BISNIS.COM, JAKARTA -- Basko Group melalui anak usaha PT Graha Jakarta Utama membangun Padang Green City superblok di Padang, Sumatra Barat yang dirancang tahan terhadap gempa.

"Kami akan membangun Padang Green City menggunakan pondasi konstruksi sarang laba-laba yang dirancang aman terhadap guncangan gempa bumi yang sering melanda Sumatra Barat," kata Zico Basko, Vice President Basko Group, Zico Basko, Jumat (17/5).

Dia mengungkapkan Padang Green City dirancang sebagai bangunan lima lantai dengan total investasi Rp650 miliar dijadwalkan Sabtu (18/5) dimulai pembangunan pondasi, serta ditargetkan dapat beroperasi sebelum Lebaran 2014.

Padang Green City nantinya dilengkapi dengan ballroom berkapasitas 5.000 orang, serta hotel bintang empat berkapasitas 300 kamar.

Dia menjelaskan Basko Group telah mengenal konstruksi sarang laba-laba sejak 1992 terbukti beberapa kali gempa bangunan yang menggunakan konstruksi ini tetap aman dipergunakan.

Zico menunjuk Basco Grand Mall dahulu bernama Minang Plaza yang masih kokoh berdiri meski beberapa kali pernah diguncang gempa besar yang melanda Sumatra Barat.

Bahkan, kata Zico, Basco Grand Mall saat ini menjadi salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi masyarakat kota Padang karena selain memiliki outlet yang paling lengkap (hampir seluruh brand yang ada di Indonesia ada di mall ini) juga karena keamanannya.

"Sejak itu kami mempercayakan pembangunan proyek kami di Padang menggunakan konstruksi sarang laba-laba," ujar Zico yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Graha Jakarta Utama.

Padang Green City berlokasi di jalan bypass sebelah Barat kota Padang diharapkan akan menjadi icon baru di Sumatra Barat, kata Zico.

"Kami tidak mau mengambil risiko untuk keselamatan maka tetap menggunakan konstruksi sarang laba-laba yakni konstruksi yang ditemukan dan dikembangkan bangsa Indonesia sendiri serta dirancang untuk daerah-daerah yang sering mengalami gempa bumi," ujar dia.

Sedangkan kontraktor yang dipercaya untuk menggarap proyek dengan konsep superblok (mall, hotel, dan ballroom) tersebut diserahkan kepada PT Wijaya Karya (Wika) yang dikenal sebagai kontraktor BUMN yang handal untuk membangun proyek-proyek konstruksi di dalam dan luar negeri.

Konstruksi sarang laba-laba merupakan konstruksi dengan kerangka beton berbentuk segitiga yang dirangkai sedemikian rupa sehingga menyerupai pola sarang laba-laba dikalangan ahli sipil dikenal sebagai konstruksi yang kaku (rigid) sehingga cocok diterapkan di lokasi yang tanahnya mudah bergerak.

Konstruksi sarang laba-laba ditemukan dua ahli sipil Indonesia Ryantori dan Soetjipto Soedjono, buah karya mereka sampai sekarang banyak dipergunakan untuk berbagai proyek konstruksi, terutama di daerah-daerah yang rawan bencana gempa bumi dan kondisi tanah yang ekstrim.

Zico mengatakan, hampir seluruh bangunan di Kota Padang yang menggunakan pondasi ini tidak mengalami kerusakan yang berarti pada strukturnya serta tetap aman untuk terus dipergunakan.

Dia menenambahkan bersamaan dengan proyek di Padang juga sedang membangun proyek superblok di Pekanbaru Riau.

Proyek dengan nilai Rp1 triliun mengintegrasikan perkantoran, mall, dan apartemen dalam satu kawasan ditargetkan dapat mulai beroperasi akhir 2013 untuk mall, sedangkan kantor dan apartemen akhir 2014. (Antara)

 

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper