Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FREEPORT INDONESIA Diminta Evaluasi Infrastruktur Tambang Bawah Tanah

BISNIS.COM, JAYAPURA -- Ketua Komisi D DPRD Provinsi Papua, Yan P. Mandenas meminta PT Freeport Indonesia untuk segera mengevaluasi infrastruktur pendukung operasional tambang bawah tanah menyusul runtuhnya sebuah terowongan di fasilitas pelatihan menimpa

BISNIS.COM, JAYAPURA -- Ketua Komisi D DPRD Provinsi Papua, Yan P. Mandenas meminta PT Freeport Indonesia untuk segera mengevaluasi infrastruktur pendukung operasional tambang bawah tanah menyusul runtuhnya sebuah terowongan di fasilitas pelatihan menimpa sejumlah karyawan.

"Berita ini cukup menggemparkan, ada fasilitas pelatihan tambang bawah tanah PT Freeport bisa runtuh dan menimpa karyawannya. Jadi sebaiknya Freeport segera mengevaluasi rencana operasional tambang bawah tanah, khususnya infrastruktur dan alat pendukung lainnya," katanya kepada Antara di Jayapura, Rabu (15/5/2013)

Bila perlu kecanggihan teknologi dipakai untuk pertambangan tersebut dan yang terutama adalah bagaimana karyawannya memiliki tingkat keselamatan yang maksimal, katanya.

Yan mengatakan peristiwa runtuhnya salah satu terowongan di fasilitas pelatihan tersebut bisa dijadikan bahan pelajaran dan evaluasi yang lebih mendalam, karena perusahaan sekelas Freeport yang memiliki kemampuan dan teknologi di bidang tambang tak luput dari musibah tersebut.

"Ini salah satu indikator bahwa PT Freeport harus memperhatikan keselamatan para pekerja dan juga rencananya akan mengoperasionalkan tambang bawah tanah," katanya.

Untuk itu, PT Freeport juga diminta terbuka dan segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan kementerian terkait agar segera melakukan investigasi mengapa bisa terjadi peristiwa naas tersebut.

"Saya dengar yang terjebak didalam terowongan tersebut adalah pekerja yang rata-rata orang asli Papua, ini segera ambil tindakan penyelamatan. Freeport juga harus investigasi kenapa hal ini bisa terjadi, Pemerintah Pusat, Provinsi Papua dan pihak terkait lainya segera dilibatkan," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyaknya 32 orang pekerja diduga terjebak di dalam terowongan bawah tanah area PT. Freeport pada Senin (13/5/2013) malam. Dan enam orang diantaranya yang selamat yaitu Yapinus Tabuni, Yoni, Edowai, Petrus, Mathius dan David Gobai.

Musibah ini telah dilaporkan kepada Inspektur Pertambangan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan pihak terkait oleh Vice President Corporate Communications PT Freeport Indonesia Daisy Primayanti, Selasa (14/5/2013).

"Kami akan memberikan informasi lebih lanjut terkait perkembangan yang terjadi di lapangan," ujar Daisy dalam siaran pers.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper