Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tidak Perlu Takut Jelang Kematian

BISNIS.COM, JAKARTA – Salah satu rumah sakit yang menyediakan unit layanan paliatif adalah Rumah Sakit Dharmais, Jakarta. Layanan yang sudah ada sejak 1996 di rumah sakit kanker itu memiliki 26 perawat dan beberapa dokter umum yang sudah berpengetahuan

BISNIS.COM, JAKARTA – Salah satu rumah sakit yang menyediakan unit layanan paliatif adalah Rumah Sakit Dharmais, Jakarta. Layanan yang sudah ada sejak 1996 di rumah sakit kanker itu memiliki 26 perawat dan beberapa dokter umum yang sudah berpengetahuan paliatif.

Hanya satu dokter yang sudah memiliki ijazah layanan paliatif, yakni Dr Maria Astheria Witjaksono. Dia memperoleh ilmu paliatif dari Institute of Palliative Care and Supportive Services, Flinders University, Australia.

Menurut Maria, pasien penderita kanker yang biasa dikirim ke unit paliatif adalah pasien yang sedang dalam pengobatan tapi ada nyeri yang tidak terkontrol. Pasien kanker stadium lanjut dan orang dengan HIV/ AIDS pun bisa dilayani lewat metode paliatif.

“Meski tidak bisa disembuhkan, pasien berhak memiliki kualitas hidup yang baik. Persoalan yang dapat dijawab paliatif adalah bagaimana mencegah dan mengatasi penderitaan yang muncul akibat penyakit,” kata Maria.

Tim paliatif Dharmais melatih keluarga pasien memberi obat dan makanan secara benar. Mereka juga diajari cara memberi makanan lewat selang, memakaikan kateter, mengganti infus secara aman, dan mencegah luka di tubuh pasien.

Selain penanggulangan nyeri dan gejala fisik lain seperti gangguan saluran nafas dan saluran cerna, tim juga memberi bimbingan psikososial dan spiritual.

Dampaknya sungguh besar. Ketika nyeri ditangani secara baik, ketakutan dan kecemasan ditiadakan, dan pasien dapat menerima kondisinya, usia pasien bisa lebih panjang dari perkiraan dokter. Namun, Maria menegaskan perpanjangan usia bukan tujuan utama layanan paliatif. Terpenting adalah pasien dapat hidup bahagia jelang kematiannya.

“Kelahiran dan kematian harus dipersiapkan. Pasien dan keluarga tidak takut, itu berkualitas. Kami tidak pernah bilang ke pasien bahwa hidupnya tinggal berapa lama. Ada yang kami kira cepat, ternyata lama dan sebaliknya,” tutur Maria.

Rata-rata sekitar 300 pasien dalam 1 tahun ditangani tim paliatif Dharmais. Maria bercita-cita suatu hari nanti Indonesia memiliki asosiasi dokter spesialis paliatif. Saat ini baru ada Masyarakat Paliatif Indonesia. Di dalamnya ada pasien, dokter, perawat, psikolog, dan rohaniwan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper