Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

EXPOR IMPOR : Pelindo III Gandeng CIMB Niaga Layani Transaksi Jasa Pelabuhan

BISNIS.COM, SEMARANG –- PT CIMB Niaga Tbk menggandeng PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang melayani tranksaksi di kalangan pengguna jasa pelabuhan melalui fasilitas BizCard dan e-Tax Payment, guna memperlancar arus ekspor-impor di wilayah
Endot Brilliantono
Endot Brilliantono - Bisnis.com 08 Mei 2013  |  00:00 WIB
EXPOR IMPOR : Pelindo III Gandeng CIMB Niaga Layani Transaksi Jasa Pelabuhan
Bagikan

BISNIS.COM, SEMARANG –- PT CIMB Niaga Tbk menggandeng PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang melayani tranksaksi di kalangan pengguna jasa pelabuhan melalui fasilitas BizCard dan e-Tax Paymentguna memperlancar arus ekspor-impor di wilayah Jateng.

Senior Vice Prsident Head of High End II Commercial Banking CIMB Niaga Ign Koeswidyantoro mengatakan layanan pembayaran ini sudah mulai diterapkan di Pelindo III Cabang Tanjung Emas, Terminal Petikemas Semarang (TPKS), dari sebelumnya telah dilakukan di Pelabuhan Banjarmasin dan Tanjung Perak Surabaya.

Layanan ini, lanjutnya, mampu memberikan kemudahan dalam bertransaksi proses pengeluaran barang ekspor-impor di pelabuhan antara Pelindo III, baik Cabang Banjarmasin, Tanjung Perak Surabaya maupun Tanjung Emas Semarang dengan para pengguna jasa pelabuhan. Pelindo III maupun TPKS memanfaatkan fasilitas CIMB Niaga itudalam hal kegiatan pembayaran pajak (e-Tax Payment). 

Para eksportir, importir, EMKL, perusahaan pelayaran, perusahaan kontainer, industri dan pengguna jasa pelabuhan lainnya hanya membuka rekening giro di Bank CIMB Niaga, mereka sudah dapat melakukan transaksi dengan Pelindo III di tiga cabangnya itu melalui fasilitas kartu  BizCard CIMB Niaga.

Dalam kerja sama ini, Pelindo III Cabang Tajung Emas bisa memanfaatkan layanan BizCard, yaitu layanan private label card yang diterbitkan CIMB Niaga dalam bentuk cashless solutions.

Menurutnya, selain layanan BizCard, Pelindo III Cabang Tanjung Emas juga dapat memanfaatkan layanan e-Tax Payment yang memudahkan dan memperlancar bisnis Pelindo III, khususnya dalam hal pembayaran pajak secara online melalui internet banking untuk korporasi yaitu [email protected]

“Melalui e-Tax Payment ini, Pelindo III Cabang Tanjung Emas dapat memanfaatkan layanan perbankan yang lebih efisien, aman, akurat, dan nyaman. Begitu juga para penggguna jasa pelabuhan dapat melakukan transaksi pembayaran kepada Pelindo dengan menfaatkan BizCard, mengingat sistem  CIMB Niaga  langsung terhubung dengan kantor pajak dan mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Pajak (NTPN) secara real time online,” ujarnya seusai melakukan penandatangan kerja sama antara CIMB Niaga dengan PT Pelindio III Cabang Tanjung Emas, di Semarang, Selasa. (7/5).

Dia mengatakan melalui BizCard dan e-Tax Payment CIMB Niaga, transaksi pembayaran tunai yang dilakukan pengguna jasa dengan Pelindo III Cabang Tanjung Emas dan TPKS secara manual sudah tidak ada lagi, semua sistem online dan hanya dengan menggesek kartu BizCard pembayaran sudah beres.

Selain dua layanan tersebut, dia menambahkan CIMB Niaga juga  menyediakan beragam fasilitas dan layanan Cash Management unggulan, seperti pembayaran gaji pegawai, account sweeping, virtual account, dan sejumlah layanan lainnya yang bisa mempermudah nasabah dalam pengelolaan keuangannya, sehingga menjadi lebih efisien dan efektif.

“Semua fasilitas atau produk CIMB Niaga itu menjadi komitmen manajemen bank CIMB Niaga untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabahnya,” ujar Vice Prisident Cash Management Product Head Transaction Banking CIMB Niaga, Amir Mirza.

Pelindo III merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola sejumlah dermaga dan pelabuhan umum di tujuh wilayah provinsi di Indonesia, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Pelindo  III  Cabang Tanjung Emas, lanjutnya, menjadi sasaran kerja sama CIMB Niaga, karena nilai transaksi pengguna jasa pelabuhanan terus mengalami kenaikan, bahkan transaksi di TPKS mencapai Rp500 miliar per tahun, baik yang dilakukan eksportir, importir, EMKL, perusahaan pelayaran, kalangan industri  dan pengguna jasa pelabuhan lainnya.

General Manager PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Sumarzen Marzuki mengatakan pertimbangan Pelindo khsusunya TPKS dalam melakukan kerja sama itu, karena menilai faktor pengalaman CIMB Niaga  serta jumlah jaringan bank publik itu cukup luas dan tersebar di berbagai daerah. Saat ini tercatat CIMB Niaga memiliki sebanyak 971 unit jaringan kantor.

“Keuntungan bagi Pelindo kerja sama dengan CIM Niaga itu, mampu menjawab dan mendukung operasional TPKS non stop selama 24 jam termasuk proses transaksi keuangan, sesuai misi Pelindo III yaitu menjamin penyediaan jasa pelayanan prima melampui standar yang berlaku secara konsisten,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan pelindo cimb niaga semarang jasa layanan

Sumber : Puput Ady Sukarno

Editor : Endot Brilliantono
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top