Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERKOPERASIAN: Unit Simpan Pinjam Didorong Menjadi Koperasi Simpan Pinjam

BISNIS.COM, JAKARTA-Induk Koperasi Pertanian mengimbau gerakan koperasi bisa menerima implementasi Undang-Undang Perkoperasian Nomor 17 Tahun 2012 yang mewajibkan unit simpan pinjam koperasi bertransformasi menjadi koperasi simpan pinjam.Ketua Umum Induk

BISNIS.COM, JAKARTA-Induk Koperasi Pertanian mengimbau gerakan koperasi bisa menerima implementasi Undang-Undang Perkoperasian Nomor 17 Tahun 2012 yang mewajibkan unit simpan pinjam koperasi bertransformasi menjadi koperasi simpan pinjam.

Ketua Umum Induk Koperasi Pertanian Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Benny Kusbini, mengatakan, undang-undang koperasi mengamanatkan hal itu karena kondisi koperasi simpan pinjam (KSP) di Indonesia memang banyak terkungkung masalah.

”Diantaranya KSP ada yang melarikan dana anggota sebagai debitornya. Oleh karena itu Unit simpan pinjam (USP) koperasi harus diarahkan menjadi KSP professional dalam upaya mengeliminir peristiwa semacam itu,” katanya kepada Bisnis, Selasa (7/5/2013).

Dia meminta pengelola koperasi serba usaha maupun koperasi lain yang memiliki USP, segera merealisasi perintah UU agar USP menjadi KSP. Selain itu, KSP wajib dikelola secara profesional sehingga mampu mengemban misinya sebagai penyedia jasa pembiayaan.
 
Mantan Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri pada Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) itu menilai secara pribadi memandang positif perintah UU itu. Sebab, jika KSP yang lahir dikelola secara profesional, bisa bermanfaat memperkuat permodalan pelaku usaha sektor riil.(yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper