Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KISRUH KADIN: Oesman Sapta dan 9 Ketua Kadinda Dipecat

BISNIS.COM, JAKARTA-- Kamar Dagang dan Industri  Indonesia secara resmi mencabut keanggotaan Oesman Sapta Odang dari Kadin Indonesa dan secara otomatis kehilangan jabatannya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia karena diduga terlibat

BISNIS.COM, JAKARTA-- Kamar Dagang dan Industri  Indonesia secara resmi mencabut keanggotaan Oesman Sapta Odang dari Kadin Indonesa dan secara otomatis kehilangan jabatannya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia karena diduga terlibat sebagai penggagas Munaslub Pontianak.

Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto dalam siaran pers di Jakarta, Senin (29/4)  menyatakan telah mencabut keanggotaan sembilan Ketua Kadin Daerah (Kadinda) yang juga diduga terlibat dalam Munaslub Pontianak.

"Kadin Indonesia menilai Oesman Sapta telah melakukan pelanggaran berat. Oleh sebab itu, Kadin Indonesia memberhentikan keanggotaan Oesman Sapta dari Kadin Indonesia dan secara otomatis kehilangan jabatannya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia. Kami telah meminta Dewan Pertimbangan untuk menggelar rapat dan menunjuk penggantinya," ujarnya.

Menurut Suryo, Ketua Umum Kadin Indonesia bersama Ketua Dewan Kehormatan Kadin Indonesia sekaligus Menteri Perindustrian MS Hidayat, telah bertemu dengan Oesman Sapta sebagai pengagas Munaslub sekaligus Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia pada Sabtu 27 April 2013.

"Oesman Sapta sudah mendapatkan penjelasan detail mengapa Kadin Indonesia tidak memproses permintaan Munaslub karena prosesnya tidak sesuai dengan AD/ART Kadin Indonesia, namun pertemuan tersebut tidak menghasilkan kesepakatan apa pun. Karena itu untuk menjaga keutuhan organisasi maka pada Sabtu 27 April 2013 telah dikeluarkan pencabutan keanggotaan termasuk kepada Ketua Dewan Pertimbangan," jelas Suryo.

Selain itu, Kadin Indonesia juga telah secara resmi memecat sembilan Ketua Kadinda dan menunjuk para caretaker menyusul keterlibatan dalam Munaslub Pontianak yang tidak sah dan bergerak di luar forum resmi Kadin Indonesia.

Sembilan Ketua Kadinda itu yaitu Kadin Papua dengan Ketua John Kabey digantikan oleh caretaker Syahril Hasan.

Kemudian Kadin Maluku Ketua Daniel Solihait digantikan oleh caretaker David Glen. Kadin Maluku Utara Ketua Iqbal Ruray digantikan oleh caretaker Adam Marsaoly. Kadin Sulawesi Barat Ketua Harry Warganegara digantikan oleh caretaker Taslim Tammauni.

Kadin Sulawesi Tenggara Ketua Herry Asiku digantikan oleh caretaker Abdul Jabir Uksim. Kadin Nusa Tenggara Barat Ketua Bary Djadid digantikan oleh caretaker Herry Prihatin.

Kadin Kalimantan Barat Ketua Santioso Tyo digantikan oleh caretaker Endang Kesumayadi. Kadin Gorontalo Ketua Rocky Liyanto digantikan caretaker Ir.Ferdiyanto Koniyo dan Kadin Kepri Ketua Johannes Kennedy digantikan caretaker Nada Faza Soray (Antara/if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper