Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Omzet Bisnis Perawatan Pesawat di Indonesia Capai US$2 miliar Pada 2016

BISNIS.COM JAKARTA--Omzet bisnis perawatan dan perbaikan pesawat di Indonesia diproyeksikan mencapai US$2 miliar pada 2016.Executive Vice President Corporate Strategy and Development PT Garuda Maintenance Facility AeroAsin Setijo Awibowo menjelaskan

BISNIS.COM JAKARTA--Omzet bisnis perawatan dan perbaikan pesawat di Indonesia diproyeksikan mencapai US$2 miliar pada 2016.

Executive Vice President Corporate Strategy and Development PT Garuda Maintenance Facility AeroAsin Setijo Awibowo menjelaskan peningkatan bisnis perawatan pesawat didorong meningkatnya jumlah pesawat maskapai nasional.

Setijo menyatakan investasi bisnis perawatan pesawat di Indonesia pada 2011 mencapai US$850 juta dengan jumlah pesawat sebanyak 304 pesawat.

"Kita harus tingkatkan kinerja agar market share MRO [maintenance, repair and overhaul] dalam negeri meningkat karena selama ini banyak yang keluar negeri," ujarnya di Hotel Four Season pada acara Strengten Indonesia To Global Aviation Marketplace, Selasa (23/4).

Setijo menambahkan jumlah pesawat dengan kapasitas 100 seat di Indonesia mencapai 326 unit pada 2012 dan diperkirakan meningkat menjadi 358 unit pada 2013.

Direktur Teknologi dan Enginering PT Dirgantara Indonesia Andi Alisjahbana juga menjelaskan bisnis perawatan dan perbaikan pesawat Indonesia sangat potensial karena pertumbuhan penumpang pesawat meningkat pesat dengan rata-rata pertumbuhan 15%-20% per tahun.


Andi menyatakan bisnis perawatan dan perbaikan pesawat global pada 2012 didominasi oleh perawatan mesin sebesar 40% dan diikuti perawatan komponen sebesar 25%.

Andi menjelaskan perawatan heavy airframe maintenance sebesar 20% dan line maintenance sebesar 15%.

Dia menambahkan pengembangan bisnis perawatan dan perbaikan pesawat di Indonesia perlu didukung oleh ketersediaan teknisi dan fasilitas bengkel perawatan pesawat.

"Kuncinya kapasitas SDM dan lisensi agar MRO kita bisa berkembang dan bersaing," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fahmi Achmad
Sumber : Henrykus F. Nuwa Wedo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper