Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PROYEK PELABUHAN Peti Kemas Belawan Semester II 2013 Mulai Dikerjakan

JAKARTA—PT Pelabuhan Indonesia I akan mulai mengerjakan proyek pengembangan pelabuhan petikemas Belawan, Medan pada semester II 2013. 

JAKARTA—PT Pelabuhan Indonesia I akan mulai mengerjakan proyek pengembangan pelabuhan petikemas Belawan, Medan pada semester II 2013. 

Direktur Komersil dan Pengembangan Usaha PT Pelabuhan Indonesia I, Bambang Eka Cahyana menjelaskan pihaknya akan mengembangkan pelabuhan petikemas Belawan secara bertahap sejak 2013 hingga 2014. 

PT Pelabuhan Indonesia I (PT Pelindo I) membutuhkan dana Rp3,7 triliun untuk pengembangan sejumlah pelabuhan seperti Belawan dan pelabuhan Kuala Tanjung pada 2013 hingga 2014. 

Bambang menyatakan PT Pelabuhan Indonesia I pada 2013 menargetkan memperoleh dana investasi hingga Rp1,4 triliun. 

Dana Rp1,4 triliun, tuturnya, meliputi Rp317 miliar dana dari kas internal PT Pelindo I dan Rp296 miliar pinjaman perbankan. 

Sedangkan sisa dana Rp210 miliar ditargetkan berasal dari mitra yang ingin melakukan kerja sama dan Rp200 miliar dari pinjaman asing. 

Dana investasi itu akan digunakan untuk mengembangkan sejumlah proyek strategis pengembangan pelabuhan seperti pelabuhan Belawan. 

“Semester II 2013 kita rencanakan mulai pengembangan [pelabuhan petikemas] Belawan,” ujarnya di Jakarta, akhir pekan lalu. 

Bambang menyatakan pengembangan pelabuhan Belawan akan dikembangkan dalam dua paket proyek. 

Paket I meliputi penambahan dermaga sepanjang 350 meter dan lapangan penumpukan (container yard) seluas 15 hektar.  

Pengembangan paket I, PT Pelindo I juga  akan  melakukan penambahan sebanyak empat unit alat bongkar muat  seperti container crane.  

Dia menambahkan dalam pengembangan paket II pelabuhan peti kemas Belawan pihaknya akan memperpanjang dermaga menjadi 350 meter.  

 PT Pelindo I, tuturnya, juga akan melakukan penambahan lapangan penumpukan seluas 15 hektar dan mendatangkan empat unit continer crane.  

Dia menyatakan dengan adanya pengembangan pelabuhan petikemas Belawan pihaknya menargetkan meningkatkan kapasitas terminal peti kemas Belawan hingga 800.000 TEUs.  

PT Pelindo I juga menargetkan dengan pengembangan pelabuhan Belawan maka dapat menampung kapal ukuran post panamex.  

Menurutnya Menteri Perhubungan, tuturnya, telah mengesahkan masterplan pengembangan pelabuhan peti kemas Belawan dan telah mengeluarkan surat persetujuan prinsip Menteri Perhubungan.  

PT Pelindo I, tuturnya, saat ini juga sedang melakukan negosiasi konsesi pelabuhan peti kemas Belawan dengan pihak Kemenhub.  

Desain teknis, tuturnya, telah diselesaikan dan saat ini pihaknya sedang menunggu keluarnya izin Amdal dari Kementerian Lingkungan Hidup.  

Dia menjelaskan sejak 2010 pihaknya telah merencanakan mengerjakan sejumlah proyek strategis pelabuhan di wilayah kerja PT Pelindo I.  

PT Pelindo I, tuturnya telah meningkatkan kapasitas panjang dermaga menjadi 100 meter dan luas lapangan penumpukan hingga 6.000 meter.  

Dia mencontohkan dengan adanya peningkatan sarana dan prasarana dermaga hingga 2012  telah meningkatkan produktivtas terminal peti kemas Belawan meningkat dari 800.000 TEUs menjadi 1,2 juta TEUs. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper