Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Delivery Barang di Terminal Peti Kemas Belawan Terindikasi Monopoli

Pelaku usaha Medan Sumatra Utara yang tergabung dalam Forum Bisnis Medan mengeluhkan adanya dugaan praktek monopoli untuk kegiatan pengeluaran (delivery) barang/peti kemas impor dari Belawan International Container Terminal (BICT).
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku usaha Medan Sumatra Utara yang tergabung dalam Forum Bisnis Medan mengeluhkan adanya dugaan praktek monopoli untuk kegiatan pengeluaran (delivery) barang/peti kemas impor dari Belawan International Container Terminal (BICT).

Kegiatan delivery tersebut hanya bisa dilakukan oleh satu perusahaan yakni PT.Artha Samudera Kontindo (ASK).

Ketua Forum Bisnis Medan Sumut yang juga Kordinator Asosiasi Logistik dan Forwarder Seluruh Indonesia (ALFI) Wilayah Sumatera, Khairul Mahalli mengatakan PT.ASK yang mempunyai perizinan dari Ditjen Bea dan Cukai, mengeluarkan barang/kontainer dari Container Yard BICT PT.Pelindo I (Persero) tanpa pemberitahuan yang akurat kepada pemilik barang.

"Namun pelaksanaan operasionalnya kami anggap sebagai monopoli karena hanya satu-satunya perusahaan yang dapat mengeluarkan barang/kontainer dari CY BICT dengan pengkoordinasian dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Belawan,"ujarnya kepada Bisnis.com, Kamis (28/5).

Khairul mengatakan pihaknya sudah meyampaikan keluhan pelaku usaha tersebut kepada Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sumut melalui surat No:028/MBF/V/2015,tanggal 28 Mei 2015. Surat tersebut juga ditembuskan kepada Wali Kota Medan, Direksi PT. Pelindo I (Persero), Ombudsman Perwakilan Sumut, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Perwakilan Sumut.

Dia menambahkan pihak ASK memberlakukan tarif pengeluaran barang/kontener dari lapangan penumpukan BICT yang sangat tinggi sehingga memberatkan pelaku usaha.

"Tarif mereka tidak pernah disosialisasikan kepada pengguna jasa".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper