Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PARIWISATA INDONESIA: Ini Dia 3 Daya Saing Utama

JAKARTA--Indonesia dinilai lebih siap dalam persaingan di bidang pariwisata dengan tiga kelebihan, yakni daya tarik, iklim tropis, dan penduduk yang ramah.Anggota DPD RI Bangka Belitung Bahar Buasan mengatakan hal itu harus disikapi dengan sistem pengembangan

JAKARTA--Indonesia dinilai lebih siap dalam persaingan di bidang pariwisata dengan tiga kelebihan, yakni daya tarik, iklim tropis, dan penduduk yang ramah.

Anggota DPD RI Bangka Belitung Bahar Buasan mengatakan hal itu harus disikapi dengan sistem pengembangan pariwisata yang efektif. Dimulai dengan pengembangan aset pariwisata mencakup alam dan lingkungan sosial.

Selanjutnya, investasi, promosi, dan pembinaan. Investasi penting untuk membangun aksesibilitas dan akomodasi demi mendukung atraksi.

"Langkah selanjutnya adalah menjaga citra bangsa yang memerlukan kerjasama seluruh pelaku pariwisata. Hal ini tentunya juga tidak terlepas dari partisipasi penduduk destinasi setempat," ujarnya dalam seminar nasional Revitalisasi Industri Pariwisata & Kewirausahaan Nasional untuk Peningkatan Daya Saing Bangsa di Jakarta, Selasa (5/3/2013)..

Dia menambahkan untuk menarik investasi dan wisatawan dapat dengan empat aktivitas. Pertama, mengembangkan positioning yang kuat.

Kedua, merancang insentif yang menarik bagi investor. Ketiga, menawarkan produk dan jasa secara efisien dan mudah diakses. Keempat, mempromosikan daya tarik dan manfaat daerah. (bas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Others
Sumber : Rio Sandy Pradana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper