Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA--Kementerian Perdagangan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan tentang Penetapan Harga Patokan Ekspor atas Produk Pertanian dan Kehutanan yang Dikenakan Bea Keluar.

”Selain itu Kemdag juga menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan tentang Penetapan Harga Patokan Ekspor atas Produk Pertambangan yang Dikenakan Bea Keluar,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Bachrul Chairi dalam siaran persnya Rabu (30/1)

Penetapan HPE periode Februari 2013 tersebut dilakukan setelah memperhatikan usul tertulis dan hasil rapat koordinasi dengan instansi teknis terkait.

Permendag tentang  Penetapan HPE atas Produk Pertanian dan Kehutanan yang Dikenakan Bea Keluar  bernomor  04/M-DAG/PER/1/2013. Adapun Permendag tentang Penetapan HPE  atas Produk Pertambangan yang Dikenakan Bea Keluar dikeluarkan dengan  No. 05/M-DAG/PER/1/2013 .

Produk pertanian dan kehutanan yang dikenakan BK adalah CPO, Biji Kakao, Kayu dan Kulit.

Penetapan HPE CPO didasarkan pada Harga Referensi CPO US$815,12  per ton  atau  naik 4,5% dari periode bulan sebelumnya (US$780,26  per ton) sehingga didapat HPE CPO  US$744 per ton atau naik 5% dibandingkan periode bulan sebelumnya  (US$709 per ton).

Untuk penetapan BK CPO sebesar 9%, tercantum pada kolom tiga lampiran III PMK 75/2012. Ini berarti terdapat kenaikan BK sebesar 1,5% dibandingkan periode bulan sebelumnya  yang hanya 7,5%. (if)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper