Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BENCANA BANJIR Tak Pengaruhi Harga Komoditas

JAKARTA—Peristiwa banjir yang melanda DKI Jakarta dan sejumlah daerah lainnya di Indonesia di awal tahun ini dinilai tidak berpengaruh terhadap kenaikan harga komoditas.Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan kalaupun ada kenaikan harga sejumlah

JAKARTA—Peristiwa banjir yang melanda DKI Jakarta dan sejumlah daerah lainnya di Indonesia di awal tahun ini dinilai tidak berpengaruh terhadap kenaikan harga komoditas.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan kalaupun ada kenaikan harga sejumlah komoditas disebabkan faktor pasokan (supply) dan permintaan (demand).

"Memang ada beberapa yang naik. Kenaikan itu guliran sebelum banjir. Banjir tidak berpengaruh ke [harga] komoditas," ujarnya hari, Selasa (22/1/2013).

Menurut Gita, komoditas yang naik harga antara lain telur ayam dan ayam. Kenaikan harga ayam dan telur ayam pun, lanjutnya, terjadi karena berkaitan dengan kenaikan harga daging sapi yang mencuat dari Rp70.000 per kg menjadi Rp86.000 per kg, bahkan sempat mencapai Rp120.000 per kg.

Secara umum, Gita menilai kenaikan harga saat ini  masih dapat ditangani (managble). Namun demikian, dia mengaku tetap memantau perkembangan kenaikan harga setiap hari, kalau-kalau ada kenaikan di luar batas wajar.

Menurut dia, harga akan kembali normal apabila ada keseimbangan antara supply dan demand. Untuk menstabilkan faktor supply dan demand tersebut, Gita tidak segan mendatangkan barang dari luar negeri.

"Saya sudah bicara dengan menteri perekonomian kalau pasokan kurang, pemerintah harus ambil sikap yang realistis. Bukan kita pro impor, tapi saya pro stabilisasi harga," katanya. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper