Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BENCANA BANJIR Tak Pengaruhi Harga Komoditas

JAKARTA—Peristiwa banjir yang melanda DKI Jakarta dan sejumlah daerah lainnya di Indonesia di awal tahun ini dinilai tidak berpengaruh terhadap kenaikan harga komoditas.Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan kalaupun ada kenaikan harga sejumlah
- Bisnis.com 22 Januari 2013  |  21:40 WIB

JAKARTA—Peristiwa banjir yang melanda DKI Jakarta dan sejumlah daerah lainnya di Indonesia di awal tahun ini dinilai tidak berpengaruh terhadap kenaikan harga komoditas.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan kalaupun ada kenaikan harga sejumlah komoditas disebabkan faktor pasokan (supply) dan permintaan (demand).

"Memang ada beberapa yang naik. Kenaikan itu guliran sebelum banjir. Banjir tidak berpengaruh ke [harga] komoditas," ujarnya hari, Selasa (22/1/2013).

Menurut Gita, komoditas yang naik harga antara lain telur ayam dan ayam. Kenaikan harga ayam dan telur ayam pun, lanjutnya, terjadi karena berkaitan dengan kenaikan harga daging sapi yang mencuat dari Rp70.000 per kg menjadi Rp86.000 per kg, bahkan sempat mencapai Rp120.000 per kg.

Secara umum, Gita menilai kenaikan harga saat ini  masih dapat ditangani (managble). Namun demikian, dia mengaku tetap memantau perkembangan kenaikan harga setiap hari, kalau-kalau ada kenaikan di luar batas wajar.

Menurut dia, harga akan kembali normal apabila ada keseimbangan antara supply dan demand. Untuk menstabilkan faktor supply dan demand tersebut, Gita tidak segan mendatangkan barang dari luar negeri.

"Saya sudah bicara dengan menteri perekonomian kalau pasokan kurang, pemerintah harus ambil sikap yang realistis. Bukan kita pro impor, tapi saya pro stabilisasi harga," katanya. (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top