Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LIBUR NATAL: 32 Kapal disiapkan Pelabuhan Tanjung Perak

JAKARTA—Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menyiapakan 32 kapal untuk melayani angkutan Natal dan Tahun Baru 2013.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 Desember 2012  |  14:52 WIB

JAKARTA—Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menyiapakan 32 kapal untuk melayani angkutan Natal dan Tahun Baru 2013.

Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, I Nyoman Gede Saputra menambahkan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait khususnya para operator kapal. 

“Sedikitnya akan ada 32 kapal yang siap melayani angkutan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013,” ujarnya melalui siaran pers kepada Bisnis, Kamis (20/12/2012)

Sebagian besar kapal memiliki rute menuju Indonesia Timur seperti Kalimantan bagian timur, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Maluku, hingga Papua.  Adapun untuk kapal perintis melayani rute-rute pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Madura.

PerusahaanJumlah kapalJenis Kapal
PT Pelni15penumpang
PT Dharma Lautan Utama7Ro-Ro
PT Prima Vista5Ro-Ro
PT Gerbang Samudera Sarana1Ro-Ro
PT Buana Putra Perkasa1Ro-Ro
PT Trimitra Samudra1Ro-Ro
PT Seram Jaya Line1Perintis
PT Lautan Kumala1Perintis

“Kami memprediksi akan ada kenaikan jumlah penumpang 5% baik yang turun maupun yang naik di Pelabuhan Tanjung Perak selama musim libur Natal dan Tahun Baru mulai H-7 hingga H+7,” katanya.

Selama musim libur Natal 2011 dan Tahun Baru 2012 lalu jumlah penumpang yang turun di Pelabuhan Tanjung Perak 28.512 orang, sedangkan penumpang yang naik 22.521 orang.

Anggota komisi V DPR RI juga melakukan peninjauan lapangan terkait kesiapan pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dalam menghadapi angkutan Natal dan Tahun Baru 2013 pada Kamis 20 Desember 2012.

Sembilan orang anggota Komisi V DPR RI itu diterima oleh Direktur Utama PT Pelindo III (Persero), Djarwo Surjanto, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, I Nyoman Gede Saputra, dan Kepala Kantor Syahbandar Kelas Utama Tanjung Perak, Chris P Wanda, di Kantor Pusat PT Pelindo III (Persero).

Direktur Utama PT Pelindo III (Persero), Djarwo Surjanto menjelaskan Pelabuhan Tanjung Perak siap menerima kedatangan pemudik Natal dan Tahun Baru.

Djarwo menambahkan pihaknya telah menyiapkan Terminal Gapura Surya dan Terminal Gapura Nusantara, serta Terminal Ro-Ro sebagai lokasi kedatangan para pemudik.

“Untuk alokasi tambatan kapal kami siapkan 500 meter di Dermaga Jamrud Utara, 120 meter di Dermaga Jamrud Selatan dan 120 meter di Dermaga Ro-Ro,” ujarnya.  

Fasilitas terminal penumpang Gapura Surya memiliki luas gedung 4.522 m­­2  dan dapat menampung 1.000 orang.

Adapun Gapura Nusantara memiliki luas gedung 4.522 m2 dengan daya tampung 1.500 orang, serta Terminal Ro-Ro memiliki luas gedung 2.866 m2  dengan daya tampung 700 orang.

Djarwo menambahkan pihaknya pada beberapa tahun mendatang akan membangun terminal penumpang modern dan dilengkapi dengan Garbarata. (Foto:BUMN.go.id) (msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Henrykus F. Nuwa Wedo

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top