Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AKSES MODAL UKM: BRI gencarkan kredit mikro

JAKARTA: PT Bank Rakyat Indonesia Tbk menggencarkan penyaluran kredit usaha rakyat mikro bagi pengusaha pemula guna  mendukung perekonomian nasionalDjarot Kusumayakti, Direktur Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah BRI, mengatakan rata-rata kredit usaha

JAKARTA: PT Bank Rakyat Indonesia Tbk menggencarkan penyaluran kredit usaha rakyat mikro bagi pengusaha pemula guna  mendukung perekonomian nasionalDjarot Kusumayakti, Direktur Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah BRI, mengatakan rata-rata kredit usaha rakyat (KUR) mikro diberikan kepada wirausahawan yang belum bankable namun sudah memiliki usaha yang visible.“Mereka mendapatkan pembelajaran keuangan melalui KUR, untuk dapat berkembang menjadi wirausaha komersial seutuhnya, dan menjadi sumber bagi nasabah potensial Mikro komersial BRI di masa datang,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, hari ini Minggu (17/6).Lebih rinci, lanjut Djarot, KUR ini juga rata-rata diberikan kepada pengusaha pemula, sehingga program ini sangat tepat untuk menggenjot wirausahawan baru.”Indonesia butuh pengusaha-pengusaha baru untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi. Membahagiakan sebab, KUR Mikro ini menjadi bagian dari penciptaan wirausahawan baru,” ujarnya.BRI terus menggali potensi pasar kredit mikro nasional. Selain dapat mengangkat taraf hidup masyarakat dilevel paling bawah, kredit ini juga secara komersil memiliki potensi bisnis yang kuat.Untuk itu, lanjut Djarot, perseroan akan mengintensifkan pertumbuhan kredit mikro melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro. “Kita intensifikan sebab ekspansinya sangat menggembirakan,” ujar Djarot.Dipaparkan Djarot, penyaluran KUR Mikro BRI tumbuh secara signifikan dari Rp 3,4 triliun pada 2009  hingga Maret 2012 telah mencapai Rp. 11,6 triliun.”Berarti ada lonjakan Rp 8,2 triliun,” ujar Djarot.BRI telah menyalurkan kredit UMKM sebesar  Rp 171,6 triliun, naik sebanyak 13,39% dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 151,6 triliun. Sebanyak lebih dari 80% kredit Bank BRI di salurkan buat UMKM, sementara sisanya untuk sektor bisnis lainnya. (Bsi)

 

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA >>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper