Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Reaktivasi Stasiun Pondok Rajeg, Target 5.000 Penumpang per Hari

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan pengoperasionalan kembali Stasiun Pondok Rajeg, Depok.
Stasiun Pondok Rajeg./ Dok. BKIP Kemenhub
Stasiun Pondok Rajeg./ Dok. BKIP Kemenhub
Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan pengoperasionalan kembali Stasiun Pondok Rajeg, Depok, Jawa Barat Sabtu (19/10/2024).
Budi Karya dalam mengatakan reopening Stasiun Pondok Rajeg merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo terkait dengan konektivitas.
"Hari ini kita meresmikan Stasiun Pondok Rajeg, dalam beberapa tahun lalu saya ke sini dengan kondisi tidak berfungsi," kata Menhub Budi Karya di Stasiun Pondok Rajeg, Sabtu (19/10/2024).
Budi Karya juga menjelaskan selang waktu kedatangan KRL selanjutnya memang masih sekitar 1 jam. Maka dari itu, Budi Karya meminta PT KAI dan PT KCI untuk menambah perjalanan terutama di akhir pekan.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPTJ Kemenhub Suharto menjelaskan pembangunan kembali Stasiun Pondok Rajeg memakan dana hingga Rp27,9 miliar. Rencana pembukaan kembali mulai dilakukan sekitar Agustus 2021.
Adapun reaktivasi Stasiun Pondok Rajeg ini dilakukan untuk mendistribusikan penumpang terutama dari Stasiun Nambo dan Cibinong. Reaktivasi juga disebut akan membangkitkan perjalanan baru sehingga target 5.000 penumpang per hari dapat tercapai.
"Ini akan sesuai target 5.000 penumpang per hari," jelas Suharto.
Bersasarkan catatan Bisnis.com, Stasiun Pondok Rajeg ini termasuk dalam wilayah DAOP 1 Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero). Stasiun tersebut dibangun pada awal 1997 dengan tujuan untuk kereta api angkutan penumpang (masih KRD 2 gerbong). Rutenya dari Stasiun Nambo langsung ke Manggarai dan tidak berhenti di lintas Jakarta-Bogor.
Stasiun ini dioperasikan pada 2000-2006 untuk KRD 2 Gerbong, dan sejak Juli 2015 dioperasikan untuk KRL namun tidak berhenti sampai sekarang ada 10 perjalanan KRL. Rute perjalanan yang melewati Stasiun Rajeg yaitu Nambo-Citayam- Manggarai-Angke dengan waktu tempuh 1 jam 30 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper