Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trafik Tol Cimanggis-Cibitung Meningkat Usai Diresmikan Juli 2024

Lalu lintas harian di Jalan Tol Cimanggis-Cibitung mengalami tren peningkatan dalam kurun waktu dua bulan beroperasi. Berikut datanya.
Gerbang tol Jatikarya - Dok. PT Cimanggis-Cibitung Tollways.
Gerbang tol Jatikarya - Dok. PT Cimanggis-Cibitung Tollways.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Cimanggis – Cibititung Tollways (CCT) mencatat volume transaksi di Tol Cimanggis-Cibitung mencapai 150.000 kendaraan per harinya dalam kurun waktu dua bulan beroperasi.

Sementara itu, Direktur Keuangan PT CCT, Yefri Rahardja menjelaskan untuk lalu lintas harian rata-rata tertimbang sendiri yakni sebanyak 35.000 kendaraan per hari.

“Sekitar 35.000 kalau LHR tertimbang ya, tapi kalau volume transaksi 150.000 mobil yang masuk tol CCT per hari,” kata Yefri saat ditemui di Hotel St Regis, Jakarta, Kamis (26/9/2024).

Dia menjelaskan, hingga saat ini realisasi target revenue masih dalam posisi terjaga. Namun demikian dirinya masih belum dapat merinci pendapatan harian yang dibukukan lantaran masih dalam tahap rekonsiliasi.

“Revenue nanti mungkin harus direkonsiliasi ya di bagian keuangan. Ini kan baru September ya, nanti di Desember lah,” tuturnya.

Untuk diketahui, Jalan Tol Cimanggis – Cibitung telah diresmikan oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin pada 9 Juli 2024. Dalam laporannya, nilai investasi ruas tersebut mencapai Rp10,6 triliun. 

Jalan tol ini masuk ke dalam salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) sepanjang 26,18 km dan merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang dikelola oleh CCT selaku pemegang hak konsesi jalan tol.

Adapun, PT CCT sendiri mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dengan porsi mencapai 55%, PT Waskita Toll Road 35% dan PT Bakrie & Brothers dan PT Bakrie Toll Road masing-masing sebesar 5%. 

Beroperasinya Jalan Tol Cimanggis – Cibitung secara penuh diklaim dapat memangkas waktu tempuh pengendara yang bergerak dari Kabupaten Bogor menuju Cibitung dari 1 hingga 2 jam mencapai 45 menit saja.

Di samping itu, ruas tol ini juga bakal terkoneksi langsung dengan ruas Tol Jakarta - Cikampek. Sehingga, diharapkan dapat mengurai kepadatan di ruas Tol Dalam Kota dan Tol JORR 1, pasalnya kendaraan yang bergerak dari Bogor dapat langsung melintas di tol ini tanpa harus masuk ke Tol Dalam Kota. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper