Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H-25 Jokowi Lengser, Investasi Mengalir ke IKN Tembus Rp57,27 Triliun

Total investasi yang telah mengalir ke IKN selama pemerintahan Jokowi mencapai Rp57,27 triliun yang direalisasikan melalui 8 tahap groundbreaking.
Suasana senja di Ibu Kota Negara di penghujung Juli 2024./Bisnis - Akbar.
Suasana senja di Ibu Kota Negara di penghujung Juli 2024./Bisnis - Akbar.

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melaksanakan groundbreaking investasi tahap 8 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada hari ini, Rabu (25/9/2024) atau tepatnya H-25 menjelang lengser dari jabatannya.

Pada hari ini, Jokowi merealisasikan investasi dari tiga investor asing dan dua investor lokal swasta dengan total nilai mencapai Rp1,07 triliun. 

“Ini menunjukkan Nusantara memang tempat yang sangat menarik untuk investasi,” kata Jokowi saat melakukan peletakan batu pertama groundbreaking investasi di IKN, Rabu (25/9/2024).

Adapun perinciannya, tiga perusahaan asing mengucurkan modal ke IKN senilai Rp950 miliar. Terdiri dari investasi Delonix Group asal Tiongkok Rp500 miliar, Magnum Estate asal Rusia Rp300 miliar, dan Australian Independent School Rp150 miliar.

Kemudian, dua investor lokal menyumbang investasi senilai Rp125 miliar yang berasal dari PT Plataran Boga Rasa Rp25 miliar dan Prima Hotel Manajemen Indonesia membangun hotel Bintang 3 D’Prima senilai Rp100 mliar.

Dengan demikian, total investasi yang telah mengalir ke IKN selama pemerintahan Jokowi mencapai Rp57,27 triliun yang direalisasikan melalui groundbreaking investasi selama 8 tahapan.

Untuk terus memastikan investasi ke depan makin subur, Presiden Jokowi juga sempat membentuk tim Satuan Tugas Percepatan Investasi (Satgas Investasi) IKN.

Pembentukan satgas itu sebagaimana tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 2024 tentang Satgas Percepatan Investasi IKN. 

Lewat Kepres itu, Jokowi menunjuk Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan Roeslani sebagai ketua Satgas.

Harapan jangka pendeknya, Satgas ini berhasil merealisasikan target investasi di IKN hingga akhir tahun untuk dapat tembus Rp100 triliun.

Namun demikian, Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahardiansyah mengatakan masuknya investor asing ke IKN menandakan bahwa IKN cukup menarik bagi mereka. Namun, nilai investasi yang data tidak sesuai harapan. 

Menurutnya, dengan segudang regulasi dan keringanan yang diberikan pemerintah kepada calon investor, seharusnya nilai investasi yang masuk puluhan atau ratusan triliun rupiah. 

Adapun, yang terjadi saat ini, investor asing hanya berinvestasi ratusan miliar. Jumlah tersebut menurut Trubus terlalu kecil.

“Ini bisa dimaknai pemanis atau gimik saja atau sekadar politis, karena nilai yang masuk miliar yang diharapkan itu ratusan triliun,” kata Trubus.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper