Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadi Penentu Arah Suku Bunga The Fed, Inflasi AS Agustus 2024 Diprediksi 0,2%

Inflasi AS diperkirakan mencapai 0,2% pada Agustus 2024 dan akan memicu penurunan suku bunga The Fed. Terdapat sejumlah komponen inflasi yang perlu dicermati.
Bagian luar Gedung Dewan Federal Reserve Marriner S. Eccles di Washington, D.C., AS, 14 Juni 2022. / Reuters-Sarah Silbiger
Bagian luar Gedung Dewan Federal Reserve Marriner S. Eccles di Washington, D.C., AS, 14 Juni 2022. / Reuters-Sarah Silbiger

Bisnis.com, JAKARTA — Pasar memperkirakan laporan bulanan mengenai indeks harga konsumen (consumer price index/CPI) atau inflasi AS akan menunjukkan kenaikan yang teredam selama satu bulan lagi. Data tersebut akan berperan dalam perdebatan terkait seberapa besar The Federal Reserve akan memangkas suku bunganya

Mengutip Bloomberg pada Rabu (11/9/2024), Rilis data tersebut akan diterbitkan pada Rabu (12/9/2024) waktu setempat oleh Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat (AS). Data tersebut kemungkinan akan menunjukkan indeks harga konsumen dan inflasi inti yang tidak termasuk makanan dan energi, naik 0,2% pada Agustus menyusul kenaikan serupa pada bulan Juli, menurut perkiraan median dalam sebuah laporan. survei Bloomberg

Angka tersebut mewakili kenaikan sebesar 3,2% secara tahunan untuk inflasi inti—sepertiga dari angka yang dicapai dua tahun lalu.

Peningkatan pada level tersebut kemungkinan akan membuat pejabat The Fed cenderung menurunkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada pertemuan kebijakan minggu depan, meskipun kejutan penurunan suku bunga mungkin akan meningkatkan taruhan investor terhadap penurunan 50 basis poin.

"Data inflasi dengan cepat tidak lagi berpengaruh pada data pasar tenaga kerja dalam hal relevansinya dengan keputusan kebijakan The Fed, tetapi dengan laporan ketenagakerjaan bulan Agustus yang tidak meyakinkan, data CPI bulan Agustus bisa berdampak," kata ekonom Citigroup Inc. Veronica Clark dan Andrew Hollenhorst dalam laporan pratinjau data-data tersebut, dilansir dari Bloomberg pada Rabu (11/9/2024).

"Mengingat meningkatnya risiko penurunan terhadap pasar tenaga kerja dan aktivitas, batasan untuk pembacaan CPI yang cukup lemah untuk memperkirakan awal penurunan suku bunga yang lebih besar bisa jadi rendah," tulis mereka.

Berikut komponen utama yang harus diperhatikan dalam laporan inflasi AS:

Sewa

Inflasi sewa diperkirakan akan lebih rendah pada Agustus setelah meningkat pada Juli yang didorong oleh kenaikan yang sangat besar di negara-negara Barat. Sewa setara pemilik di wilayah tersebut naik 0,4% pada bulan Juli setelah kenaikan 0,1% dalam dua bulan, sedangkan laju kenaikan OER moderat di tiga wilayah utama lainnya.

Hal ini akan mengembalikan inflasi sewa ke tren penurunan yang telah lama ditunggu-tunggu yang dimulai pada bulan Juni. Karena sektor perumahan merupakan bagian terbesar dari CPI, penurunan kenaikan sewa akan memberikan ruang bagi kategori jasa lainnya—seperti layanan kesehatan dan tiket pesawat—untuk sedikit pulih setelah penurunan yang tidak biasa pada bulan Juli, tanpa berdampak banyak pada inflasi secara keseluruhan.

"Indeks sewa regresi semua penyewa atau all tenant regressed rent index [ATRR], yang merupakan indikator utama yang paling dapat diandalkan dalam pandangan kami, menunjukkan disinflasi dalam inflasi sewa resmi. Selain itu, pasokan gedung apartemen sewa tetap tinggi, sehingga tren inflasi sewa tidak mungkin meningkat kembali dalam waktu dekat," kata ekonom Nomura yang dipimpin oleh Aichi Amemiya dalam laporannya pada tanggal 5 September.

Asuransi Mobil

Inflasi asuransi kendaraan bermotor telah menjadi kontributor besar terhadap peningkatan inflasi jasa selama dua tahun terakhir, yang secara rutin mencatat kenaikan bulanan sebesar 1% hingga 2%. Saat ini, ada tanda-tanda bahwa penyedia jasa mungkin mulai mengurangi laju kenaikan harga dalam beberapa bulan mendatang.

Ekonom Morgan Stanley, Diego Anzoategui dalam laporannya menyebut, pengajuan tarif tampaknya mulai melambat pada Juli. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan asuransi meminta kenaikan premi yang kurang penting kepada regulator.  

"Kami memperkirakan tren ini akan terus berlanjut dan melihat perlambatan yang lebih berarti pada CPI asuransi mobil di sisa tahun ini," katanya.

Di sektor jasa, analis juga mengamati tarif penerbangan dan harga layanan rumah sakit setelah penurunan besar pada Juli, dan banyak yang memperkirakan akan terjadi pembalikan sebagian di bulan Agustus.

Pakaian

Harga barang inti turun 0,3% pada Juli lalu—menandai penurunan ke-13 dalam 14 bulan—dipimpin oleh penurunan harga mobil bekas. Analis umumnya memperkirakan penurunan yang lebih kecil baik untuk harga barang inti secara keseluruhan maupun untuk mobil bekas di bulan Agustus.

Ekonom Bloomberg Economics, Anna Wong dan Chris Collins dalam lapoannya mengatakan, laporan CPI pada bulan Agustus kemungkinan besar akan menunjukkan bahwa perusahaan mengalami kesulitan dalam memberikan harga input yang lebih tinggi kepada konsumen – bahkan ketika biaya pengangkutan telah meningkat. 

"Hal ini menunjukkan kompresi margin lebih lanjut, dengan kemungkinan bahwa perusahaan melakukan PHK untuk memangkas biaya," jelasnya.

Salah satu kategori lain yang perlu diperhatikan dalam kelompok barang inti adalah pakaian jadi, yang mencatat penurunan harga terbesar pada Juli 2024 sejak awal tahun. Para analis berbeda pendapat mengenai apakah harga akan turun lagi pada Agustus, yang menunjukkan bahwa pergerakan yang terlalu besar dapat berdampak pada pembacaan inflasi secara keseluruhan dibandingkan ekspektasi.

Faktor penyesuaian musiman khususnya menimbulkan risiko penurunan harga pakaian dalam laporan bulan Agustus setelah mereka meningkatkan pembacaan di awal tahun, Direktur Eksekutif Employ America Skanda Amarnath mengatakan dalam catatan tanggal 10 September yang meninjau rilis tersebut.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper