Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil 5 Anggota BPK Terpilih 2024-2029, Ada Alumni Deloitte Hingga Jendral Aktif

Komisi XI DPR telah menetapkan 5 anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 2024-2029.
Gedung Badan Pemeriksa Keuangan. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Gedung Badan Pemeriksa Keuangan. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA -- Komisi XI DPR telah menetapkan 5 anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 2024-2029. Nama anggota BPK ini selanjutnya akan dibawa ke Rapat Paripurna untuk disahkan sebagai produk hukum legislasi.

Wakil Ketua Komisi XI DPR Amir Uskara menjelaskan pihaknya melakukan fit and proper test untuk 74 calon pada 2—4 September 2024. Selanjutnya, Komisi XI melakukan rapat tertutup untuk menetapkan lima nama.

"Anggota Komisi XI tadi musyawarah mufakat untuk menentukan lima calon anggota BPK terpilih," jelas Amir di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2024).

Hasilnya, lima calon anggota BPK 2024—2029 yang dipilih yaitu Akhsanul Khaq, Bobby Adhityo Rizaldi, Budi Prijono, Daniel Lumban Tobing, dan Fathan.

Lebih lanjut, elite Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu tidak menampik ada banyak kader partai politik yang terpilih menjadi calon anggota BPK 2024—2029. Kendati demikian, Amir mengaku keanggotaan partai politik tidak menjadi pertimbangan Komisi XI.

"Kita tadi enggak bicara partainya, kita bicara person [orangnya] masing-masing," ucapnya.

Amir menjelaskan, nantinya Komisi XI akan menyurati pimpinan DPR agar hasil pemilihan calon anggota BPK 2024—2029 tersebut diumumkan dalam Rapat Paripurna terdekat. Setelahnya, pimpinan DPR akan menyurati presiden agar diterbitkan Surat Keputusan (SK) anggota BPK lima tahun ke depan tersebut. Lalu bagaimana profil karir dari anggota BPK terpilih ini?

Profil Anggota BPK 2024-2029

1. Akhsanul Khaq

Saat ini Akhsanul merupakan auditor utama keuangan negara I BPK. Peraih gelar doktor dari Universitas Persada Indonesia YAI ini lahir di Brebes pada 5 Februari 1967.

Akhsanul menyelesaikan studi Master of Business Administration di Monash University, Australia, pada tahun 2000. Sedankan sarjana dan diploma diraih dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Akhsanul meraih diploma STAN pada 1988.


2. Bobby Adhityo Rizaldi

Bobby merupakan politisi Partai Golkar. Politisi ini mengalahkan rekannya Misbakhun yang juga berebut bangku BPK. Bobby sendiri maju menjadi anggota DPR dari wiayah Sumatra Selatan II.

Kelahiran Jakarta 1974 ini, menyesaikan pendidikan S1 di Trisakti pada 1995 dan melanjutkan S2 di Cleveland State, Amerika Serikat.

Dalam karirnya di dunia profesional, Bobby memulai dari KPMG Hanadi. Selanjutnya sepulang dari AS dia sempat bergabung Robert Half Inc. (1998-1999). Deloitte Touche (1999-2002), Conocophilips Indonesia (2002-2004), dan kemudian ke BP Migas (2004-2008). Setelahnya Bobby terpilih 2 periode di DPR.

3. Budi Prijono

Sosok Budi merupakan militer aktif dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal (Letjen) TNI. Lulusan Akabri 1988 ini terakhir menjabat Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan RI (Irjen Kemhan) sejak tanggal 27 Juni 2022. Budi bergabung di Kemenhan sejak 2019 dengan posisi awal Kabaranahan Kemhan (2019).

4. Daniel Lumban Tobing

Mantan politisi PDI perjuangan ini merupakan anggota BPK 2019—2024. DL Tobing pernah menjabat anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan (PDIP);

5. Fathan

Fathan merupakan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari daerah Jawa Tengah 2. Sosok ini juga Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan DPP PKB. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper