Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Kedua IAF 2024 Senin 2 September 2024, Ini Rincian Agenda dan Pembicaranya!

Berikut ini jadwal lengkap agenda Indonesia Africa Forum (IAF) Ke-2 di Bali pada Senin, 1 September 2024 berserta topik yang dibahas dalam setiap panelnya.
Presiden Joko Widodo (depan tengah) didampingi Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto (depan kelima kanan) berfoto bersama sejumlah kepala negara/pemerintahan saat pertemuan utama High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP) and Indonesia-Africa Forum (IAF) II di Bali, Senin (2/9/2024)./Bisnis-Arief Hermawan P
Presiden Joko Widodo (depan tengah) didampingi Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto (depan kelima kanan) berfoto bersama sejumlah kepala negara/pemerintahan saat pertemuan utama High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP) and Indonesia-Africa Forum (IAF) II di Bali, Senin (2/9/2024)./Bisnis-Arief Hermawan P

Bisnis.com, BADUNG – Pemerintah saat ini tengah menggelar agenda Indonesia Africa Forum (IAF) Ke-2 di Bali pada 1-3 September 2024 mendatang. Berikut jadwal dan topik yang akan dibahas pada hari kedua. 

Untuk diketahui, gelaran Indonesia-Africa Forum ke-2 akan berfokus pada isu-isu terkait transformasi ekonomi, energi dan pertambangan, pangan, ketahanan kesehatan, dan kerja sama pembangunan. 

Sebelumnya, Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Nugraha Mansury menjelaskan satu tujuan forum tersebut adalah adanya realisasi kerja sama bilateral di berbagai sektor antara pemerintah Indonesia dan negara-negara kawasan Afrika. 

“Selain antarpemerintah, kami harap agenda ini juga menjadi ajang adanya kesepakatan bisnis antara kalangan swasta Indonesia dan Afrika,” katanya dalam acara diskusi Indonesia Africa Forum (IAF) ke-2 dengan Pemimpin Redaksi Media Massa di Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Adapun, target konkret dari high level forum ini adalah perjanjian di sektor usaha dan kerja sama di bidang ekonomi sebanyak US$3,5 miliar atau setara dengan Rp58 triliun.

Selanjutnya, forum tersebut juga akan menghasilkan rencana besar atau grand design kerja sama pembangunan dengan negara-negara Afrika untuk periode 2024-2029. 

Berikut rincian agenda IAF 2 September 2024

Senin, 2 September 2024

09.07 – 09.30 :  Kunjungan Pemimpin ke Pameran 

09.40 – 12.00 : Leaders' Session, pertemuan para pemimpin-pemimpin negara 

13.15 – 14.15 : Panel Diskusi I terkait Prospek dari Wilayah: Pembaruan dan Prospek Kerja Sama.

Dalam sesi ini akan dihadirkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury, selain itu hadir pula Ketua African Union Commission (AUC) Moussa Faki Mahamat, Secretary Genral African Continental Free Trade Area (ACFTA) Wamkele Mene Secretary General of UN Trade and Development (UNCTAD) Rebeca Grynspan.

Tak hanya itu adapula Menteri Negara Liberia Sylvesrer M Grigsby, Menteri Perdagangan dan Promosi Ekspor Republic of Tunisia Kalthoum Ben Rejeb, Menteri Lingkungan Hidup, Pembangunan Berkelanjutan Kongo Arlette Soudan-Nonault.

Lalu, Presiden Africa Development Bank Akinwumi A Adesina, Investor dan Entrepreneur Ray Dalio hingga Nonresident SeniorFellow Global Economy and Development Africa Growth Initiative The Brookings Institute Aloysius Uche Ordu.

13.50 – 14.00 : Leaders Talk I yang diisi oleh Presiden Republic Rwanda Paul Kagame 

14.05 – 15.05 :  Panel Diskusi II Bertema Transformasi Ekonomi 

Subtema I: Pembukaan Akses Modal dan Memperkuat Industrialisasi dan Memberdayakan UKM di Afrika dan Indonesia untuk Pertumbuhan Berkelanjutan. Adapun, diskusi ini akan dimoderatori oleh Kepala Badan Pengembangan Keuangan Digital Kadin Indonesia Pandu Sjahrir. 

Sementara itu, panelis dari dalam negeri ada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto, Direktur Indonesia Exim Bank Riyani Tirtoso dan sejumlah tokoh seperti Mari Elka Pangestu Iwan Jaya Azis.

Selain dalam negeri, dihadiri pula oleh sejumlah negera seperti Menteri Ekonomi, Keuangan Benin Romuald Wadagni, Menteri Perdagangan dan Industri Rwanda Jean Chrysostome Ngabitsinze, Menteri Investasi, Perdagangan dan Industri Botswana Mmusi Kgafela. 

Kemudian, Menteri Ekonomi Startup dan Micro Enterprises Algeria Yacine El-Mahdi Oualid, Menteri Ekonomi dan Keuagan Djibouti Ilyas Moussa Dawaleh, Direktur and Resident Representative Regional Hub Indonesia IsDB Amer Bukvic. 

15.10 – 15.20 : Leaders Talk II 

15.25 – 16.25 : Panel Diskusi III bertema Kerja Sama Pertambangan. 

Di sini, diskusi akan fokus mengeksplorasi peluang, tantangan, dan strategi untuk meningkatkan nilai rantai mineral di kedua daerah. Adapun, tokoh yang hadir dari dalam negeri  adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Panjaitan. 

Nantinya, yang hadir ada Menteri Pertambangan Demokratik Republic Kongo Kizito Kapinga, Menteri Mineral dan Petroleum South Afrika Gede Mantashe, Menteri Tambang dan Mineral Zambia Paul Chanda Kabuswe, Menteri Mineral Tanzania Anthony P Mavunde, Menteri Pertwmbangan Zimambwe Winston Chitando

Kemudian, Ketua Epangelo Mining Company Namibia Sencia Kaizemi-Rukata, General Manager of ZMDC Eng Blessed Chitambira dan CEO MIND ID Hendri Prio Santoso

16.30 – 16.40 Leaders Talk III 

16.45-17.45 Panel Diskusi IV Bertema Transformasi Ekonomi 

Subtema II : Menjelajahi Dampak dan Peluang Inovasi Digital di Indonesia dan Afrika. Dalam sesi ini beberapa tokoh yang hadir seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno hingga Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

Selain itu hadir Menteri Transformasi Digital, Inovasi dan Modernisasi Adminsitrasi Mauritania Mohamed Abdallah, Menteri Komunikasi dan IT Egypt Amr Talaat, Mengeri IT dan Komunikasi dan Infromasi Mauritius Deepak Balgobin, Menteri Komunikasi dan Teknologi Somalia Mohamed Adam Moalim Ali, CEO Jumia Kenya/Nigeria Francis Dufay, Presiden Direktur Goto Gojek Tokopedia Indonesia Sugito Walujo dan CEO eFishery Gibran Huzaifah 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper