Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Buru Migas di Indonesia Timur, Survei Seismik Seram-Aru Rampung

Data hasil eksplorasi Indonesia bagian timur yang didapat dari survei seismik 2D di area lepas pantai Seram sepanjang 1.000 km berhasil diselesaikan lebih awal.
Ilustrasi platform offshore migas/Dok. SKK Migas
Ilustrasi platform offshore migas/Dok. SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan data hasil eksplorasi Indonesia bagian timur yang didapat dari survei seismik 2D di area lepas pantai Seram sepanjang 1.000 kilometer (km) berhasil diselesaikan lebih awal atau pada Juli 2024.

Adapun, survei seismik yang dilakukan Petronas diwakili oleh PC North Madura II Ltd. (PCNM2) merupakan bagian dari pengalihan nilai komitmen pasti sebesar US$6,8 juta dari eks Wilayah Kerja Surumana yang menjadi kewajiban Petronas Carigali Ltd. (PCSL).

Direktur Hulu Minyak dan Gas Bumi Ariana Soemanto mengatakan, survei seismik tersebut merupakan wujud dukungan untuk melihat potensi minyak dan gas bumi (migas) di area Seram-Aru. 

Survei ini telah menerapkan teknologi terkini dan menggunakan panjang kabel 12 km yang merupakan bentangan terpanjang dibandingkan dengan akuisisi seismik serupa sebelumnya di wilayah tersebut. 

“Area Seram-Aru ini termasuk dalam bagian lima area fokus untuk percepatan kegiatan eksplorasi wilayah Indonesia Timur dan diharapkan dapat menambah data geologi dan geofisika, serta memberikan gambaran seismik yang lebih baik di wilayah tersebut," kata Ariana di Jakarta, Kamis (15/6/2024).

Ariana menyampaikan, pemerintah telah menyetujui pengembalian Wilayah Kerja Surumana dengan catatan bahwa kontraktor wajib menyelesaikan nilai sisa komitmen pasti yang belum terlaksana. 

Kontraktor telah mengajukan rencana kegiatan eksplorasi untuk pemenuhan pengalihan komitmen dan disetujui oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif pada 30 Maret 2023.

"Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi mendukung kontraktor Wilayah Kerja Surumana dan SKK Migas untuk menyelesaikan pengalihan nilai sisa komitmen pasti eks-Wilayah Kerja Surumana melalui kegiatan eksplorasi di wilayah terbuka sesuai dengan porsi masing-masing pemegang participation interest," ujarnya. 

Ariana juga berharap Petronas dapat terus mendukung peningkatan produksi dan cadangan migas nasional. Terlebih untuk mendapatkan penemuan yang signifikan melalui akuisisi data baru tersebut yang selanjutnya dapat menunjang program produksi 1 juta barel.

"Ditjen Migas bersama SKK Migas akan terus mendukung usaha Petronas untuk mengevaluasi daerah Seram-Aru menjadi wilayah kerja baru, sebagai komitmen Petronas untuk terus beroperasi di Indonesia," ucap Ariana.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper