Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Bakal Resmikan Proyek Strategis Smelter Bauksit (SGAR) September 2024

Presiden Jokowi direncanakan meresmikan proyek strategis Smelter Grade Alumina (SGAR) atah Mempawah Project di Kalimantan Barat pada pertengahan September 2024.
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers setelah mengunjungi Smelter Grade Alumina (SGAR) atah Mempawah Project pada Maret 2024 lalu/ Doc Presiden.go.id
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers setelah mengunjungi Smelter Grade Alumina (SGAR) atah Mempawah Project pada Maret 2024 lalu/ Doc Presiden.go.id

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan meresmikan langsung proyek strategis Smelter Grade Alumina (SGAR) atah Mempawah Project di Kalimantan Barat pada pertengahan September 2024 mendatang. 

Kabar rencana kehadiran Presiden Jokowi tersirat kala dia menyambangi booth MIND ID di sela Festival LIKE 2024. Hal ini menjadi motovasi bagi Grup MIND ID untuk semakin gencar meningkatkan nilai tambah dalam negeri. 

Proyek pemurnian bijih bauksit itu dikelola oleh PT Borneo Alumina Indonesia (PT BAI) yang sahamnya mayoritas dimiliki PT Inalum sebanyak 60% dan sisanya PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) atau Antam dengan kepemilikan 40%.

Direktur Pengembangan Usaha Inalum, Melati Sarnita bersyukur dan berterima kasih atas dukungan pemerintah yang dinilak telah meningkatkan nilai tambah komoditas mineral dan batu bara, khususnya di Mempawah, Kalimantan Barat. 

"Kami berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah mampir ke booth Grup MIND ID di Festival LIKE 2024. Sungguh memberikan motivasi bagi kami terutama dalam menjalankan mandat menghadirkan ekosistem industri pertambangan nasional," kata Melati, dikutip Jumat (9/8/2024). 

Dia menerangkan, proyek konsorsium Antam dan Inalum ini juga terus dipastikan berjalan sesuai dengan standar dan jadwal yang telah ditargetkan. Holding BUMN pertambangan, MIND ID juga disebut membuka akses optimalisasi dan akselerasi proyek. 

Setelah melalui proses pembangunan, Melati berharap agar sinyal kehadiran Jokowi pada peresmian smelter dapat terealisasikan pada prosesi commissioning atau pengujiannya pada September mendatang.

"Kami mengajak Presiden Jokowi ke SGAR Mempawah dalam rangka komisioning, jadi kita mau injeksi bauksit masuk ke dalam plan-nya. Itu tadi perbincangannya. [Jawaban Jokowi] siap! Bapak happy sekali. Siap dan mau dipersiapkan [kunjungan]," ujarnya. 

Untuk diketahui, pada Maret lalu, Presiden Jokowi juga sempat mengunjungi proyek SGAR Mempawah. Dia memproyeksikan September mendatang progres SGAR akan mencapai 97% 

Sementara itu, proyek ini akan mencapai tahapan Commercial Operation Date (COD) pada Februari 2025. Adapun, proses pengolahan bauksit menjadi alumina sudah bisa dilakukan pada kuartal IV/2024.

"Jika sudah beroperasi, pabrik ini bisa memproduksi 1 juta ton alumina per tahun dengan estimasi bahan baku bauksit sebanyak 3,3 juta ton per tahun. Proyek ini terbagi dalam dua fase dan menelan nilai investasi sekitar US$1,7 miliar," jelasnya. 

--------------------- 

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper