Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Progres Istana Presiden IKN Capai 92,3%, Jokowi Siap Berkantor Bulan Ini?

Infrastruktur penunjang Istana Presiden di IKN akan difungsionalkan pada 17 Agustus 2024. Saat ini pembangunan sudah 92,3%
Penampakan proyek Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (5/6/2024) - Youtube Setpres
Penampakan proyek Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (5/6/2024) - Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) disebut telah mencapai 92,3% jelang Upacara HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga menjelaskan saat ini pembangunan masih terus dijalankan.

Bahkan, sejumlah infrastruktur penunjang seperti Gedung Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) di IKN juga akan difungsionalkan pada 17 Agustus 2024.

"Pendukung fungsi kepresidenan dan Setneg nanti pada 17 [Agustus 202] beberapa lantai di bawah Kemensetneg bisa dimanfaatkan," jelasnya dalam Konferensi Pers di IKN, Rabu (7/8/2024).

Adapun, dalam paparan yang dibagikannya tampak progres gedung Kemensetneg saat ini telah mencapai 86,6%.

Sementara itu, sejumlah sarana prasarana penunjang seperti Gedung Kementerian Koordinator (Kemenko) juga akan difungsionalkan beberapa lantai pada 17 Agustus 2024 untuk mendukung suksesi seremoni Upacara HUT RI di IKN.

Perinciannya, saat ini progres Kemenko 1 mencapai 85,1%, Kemenko 2 mencapai 49,2%, Kemenko 3 mencapai 88,4% dan Kemenko 4 mencapai 91,8%.

Terakhir, Danis menegaskan sumbu kebangsaan yang menjadi lokasi upacara IKN dilaporkan telah mencapai 100%.

Sebelumnya, kontraktor proyek pembangunan Istana Negara dan lapangan upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN) tengah berpacu dengan waktu untuk menuntaskan pengerjaan sebelum 17 Agustus 2024.

Khusus pengerjaan fasad Istana Presiden yang berbentuk burung garuda dikerjakan oleh seniman kontemporer alias pematung seni rupa baru, Nyoman Nuarta. 

Seperti diketahui, semua karya Nyoman Nuarta ini menggambarkan seni patung modern sampai gaya naturalistik dengan menggunakan material tembaga dan kuningan.

Melalui Studio Nyoman Nuarta, alumni ITB angkatan 1973 itu mendesain dan mengerjakan bilah-bilah fasad Istana Presiden. Seperti dinarasikan oleh Prasetyo T, seorang arsitek, melalui akun @ipunk_baik, yang mengutip dari design asli Nyoman Nuarta, fasad burung garuda itu memiliki ketinggian 77,7 meter.

"Fasad ini dibuat menjadi 16-17 segmen yang akan dibalut oleh bilah burung garuda. Apakah itu bilah burung garuda? Bilah merupakan secondary skin yang menjadi fasad dari exterior Istana Presiden di IKN," tulisnya seperti dikutip Bisnis.com setelah mendapatkan konfirmasi dari yang bersangkutan. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper