Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Fungsionalkan Gedung Kemensetneg Jelang HUT RI di IKN

Kementerian PUPR bakal memfungsionalkan sejumlah lantai Gedung Kemensetneg di IKN menjelang upacara HUT RI pada 17 Agustus 2024.
Penampakan proyek Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (5/6/2024) - Youtube Setpres
Penampakan proyek Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (5/6/2024) - Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal memfungsionalkan sejumlah lantai Gedung Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) di Ibu Kota Nusantara (IKN) menjelang upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga, menjelaskan fungsional gedung Kemensetneg bakal mulai dilakukan pada 17 Agustus 2024.

"Sebagai pendukung fungsi kepresidenan dan Setneg nanti pada 17 [Agustus 2024] beberapa lantai di bawah Kemensetneg bisa dimanfaatkan," kata Danis dalam Konferensi Pers bersama awak media di IKN, Rabu (7/8/2024).

Adapun, dalam paparan yang dibagikannya tampak progres gedung Kemensetneg saat ini telah mencapai 86,6%.

Kemudian, Istana Presiden yang bakal menjadi tempat tinggal Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hendak berkantor di IKN pada Agustus ini progresnya telah mencapai 92,3%.

Sementara itu, sejumlah sarana prasarana penunjang seperti Gedung Kementerian Koordinator (Kemenko) juga akan difungsionalkan beberapa lantai pada 17 Agustus 2024 untuk mendukung suksesi seremoni Upacara HUT RI di IKN.

Perinciannya, saat ini progres Kemenko 1 mencapai 85,1%, Kemenko 2 mencapai 49,2%, Kemenko 3 mencapai88,4% dan Kemenko 4 mencapai 91,8%.

Adapun, sumbu kebangsaan yang menjadi lokasi upacara IKN dilaporkan telah mencapai 100%.

Sebagai informasi, dalam kabar terbarunya total undangan Upacara di IKN disebut bakal dibatasi hanya sekitar 3.880 undangan saja.

Perinciannya, 1.000 undangan pada acara pagi hari, 1.000 undangan pada sore hari 380 undangan di main hall, dan 1.500 undangan tambahan yang akan ditempatkan di Plaza Seremoni. 

“Undangan kurang lebih yang di IKN itu kami mempersiapkan 1.000 di pagi hari dan di sore hari 1000 plus yang 380 adalah di main hall,” jelas Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. 

Lebih lanjut, nantinya pelaksanaan Upacara HUT RI di IKN bakal dimulai pukul 11.00 WITA. Hal itu dilakukan menyesuaikan dengan waktu pelaksanaan Upacara Kemerdekaan di Jakarta pada pukul 10.00 WIB.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper