Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara VVIP IKN Belum Dapat Beroperasi pada 17 Agustus, Ini Sebabnya

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan Bandara VVIP IKN belum dapat difungsionalkan pada peringatan HUT ke-79 RI
Suasana senja di Ibu Kota Negara di penghujung Juli 2024./Bisnis - Akbar.
Suasana senja di Ibu Kota Negara di penghujung Juli 2024./Bisnis - Akbar.

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan Bandara VVIP yang berlokasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara belum dapat difungsionalkan pada bulan ini.

Basuki menuturkan, konstruksi landasan pacu (runway) bandara masih belum memenuhi target lantaran sempat terkendala oleh masalah cuaca beberapa waktu belakangan.

“Mohon maaf karena bandara kita yang di IKN masih kurang 300 meter lagi untuk sampai 2.200 meter sampai 17 Agustus 2024,” jelas Basuki dalam Konferensi Pers Bulan Kemerdekaan, Kamis (1/8/2024).

Namun demikian, Basuki memastikan bahwa percepatan konstruksi untuk Bandara IKN terus dilakukan. Dirinya juga disebut telah menggunakan teknologi modifikasi cuaca (TMC) guna memastikan proses pengerasan aspal lintasan Bandara VVIP dapat selesai dikerjakan.

Padahal, Kementerian PUPR mulanya menargetkan konstruksi lintasan Bandara VVIP IKN itu dapat mencapai 2.200 meter pada 14 Agustus 2024.

Namun demikian, meski belum dapat difungsionalkan untuk mendarat pesawat para pejabat negara RI, Basuki memastikan Bandara IKN itu telah dapat digunakan untuk lokasi pendaratan helikopter.

“Sampai dengan tanggal 14 [Agustus] yang tadinya seharusnya sudah 2.200 meter, mungkin masih kurang 300 meter sehingga belum bisa didarati oleh pesawat, tapi helikopter sudah bisa,” tegas Basuki.

Sebelumnya, hal senada juga sempat disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan potensi penundaan jadwal operasional atau delay.

"Tadinya mesti selesai, ini ada kemungkinan delay, jadi kemungkinan untuk gunakan Balikpapan itu ada, insyaallah akhir Agustus selesai," ujarnya. 

Seiring dengan hal itu, Budi Karya memastikan bahwa pihaknya telah menyiapkan Bandara Sepinggan di Balikpapan untuk mengalihkan ataupun membagi trafik penerbangan untuk peserta upacara hari kemerdekaan pertama di IKN.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper