Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tok! Jokowi Resmikan Operasional PSN Kawasan Industri Batang (KITB)

Presiden Jokowi telah meresmikan operasional Grand Batang City atau Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Jumat (26/7/2024).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional Grand Batang City atau Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Jawa Tengah, Jumat (26/7/2024)/Bisnis-Afiffah Rahmah
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional Grand Batang City atau Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Jawa Tengah, Jumat (26/7/2024)/Bisnis-Afiffah Rahmah

Bisnis.com, BATANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan operasional Grand Batang City atau Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) yang merupakan proyek strategis nasional (PSN) kelolaan entitas holding BUMN, PT Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). 

Peresmian kawasan industri dengan total lahan 4.300 hektare tersebut berlangsung hari ini, Jumat (26/7/2024) di Batang, Jawa Tengah. Adapun, nilai investasi yang telah tertanam di KITB sebesar Rp14,8 triliun dari total 18 tenant asing dan lokal yang menempati 271 hektare lahan.

"Bismillahirrahmanirrahim, dengan ini saya resmikan operasional Kawasan Industri Terpadu Batang di Jawa Tengah," kata Jokowi saat peresmian Grand Batang City, Jumat (26/7/2024). 

Orang nomor satu di Indonesia itu meyakini investasi akan deras mengalir ke KITB mengingat infrastruktur dasar pendukung industri yang telah mumpuni. Terlebih, ada banyak potensi relokasi pabrik China yang tengah mencari lokasi potensial. 

Dia mendorong kementerian terkait KITB untuk melalukan keputusan dengan cepat agar tidak kehilangan peluang. 

"Saya sampaikan ke para menteri terkait KITB, baik juga direksi KITB, agar aktif terus memasarkan kawasan ini. Saya tadi lihat KCC Glass sebentar lagi September mulai produksi. Kemudian, pipa plastik wavin akan mulai, sepatu sudah mulai, dan semuanya akan dimulai dan kita harapkan nanti di Agustus ada pembangunan industri Anoda, September katoda sehingga akan menjadi kawasan industri yang efisien dilirik investor dan bisa membuka lapangan pekerjaan seluas-luas nya bagi rakyat kita," tuturnya. 

Untuk diketahui, kawasan industri ke-7 yang dikelola BUMN ini dinilai sebagai peluang besar bagi perusahaan asing untuk melakukan relokasi dan ekspansi dari negara lain ke Indonesia. 

Adapun, 18 perusahaan yang telah masuk membangun fasilitas manufaktur di KITB yaitu PT KCC Glass Indonesia, PT Yih Quan Footwear Indonesia, PT Cosmosindo Ink, PT Wavin Manufacturing Indonesia, PT Jayamas Medica Industri. PT Unipack Plasindo, PT Tawada Healthcare, PT Interskala Medika Indonesia, PT Interskala Medika Solusindo, PT Samator Indo Gas Tbk, PT Acindo Medika Sejahtera, PT Window Shutters Indonesia, PT Sumber Graha Sejahtera, dan PT Rumah Keramik Indonesia. 

Berdasarkan pantauan Bisnis, Jumat (26/7/2024) peresmian KITB hari ini dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia. 

Selanjutnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan pejabat kementerian dan lembaga lainnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper