Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUN Energy Bidik Pasar PLTS di Kawasan Industri Delta Mas Cikarang

Perusahaan pengembang energi surya, SUN Energy membidik potensi pasar pengguna pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di kawasan industri Delta Mas Cikarang.
Teknisi melakukan pemeriksaan panel surya di gedung Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM di Jakarta, Selasa (9/7/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Teknisi melakukan pemeriksaan panel surya di gedung Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM di Jakarta, Selasa (9/7/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan pengembang energi surya, SUN Energy membidik potensi pasar pengguna pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di kawasan industri Delta Mas Cikarang.

Chief Sales Officer SUN Energy Oky Gunawan menyampaikan, potensi pasar industri di wilayah Delta Mas Cikarang ini cukup besar. 

“Secara total di sini market-nya banyak. Jadi kalau kita menargetkan ya harusnya lebih dari 50% bisa menggunakan fasilitas solar panel,” kata Oky di Cikarang, Selasa (16/7/2024).

Sementara itu, untuk mempromosikan penggunaan panel surya kepada pelaku industri, pihaknya gencar melakukan literasi dan edukasi. Salah satunya melalui pemberian donasi berupa sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap di sebuah institusi pendidikan berlokasi di Cikarang lewat Yayasan Sinar Utama Nusantara (YSUN).

Donasi berupa sistem PLTS tersebut diharapkan dapat meningkatkan literasi dan edukasi mengenai energi terbarukan khususnya energi surya di sektor pendidikan, serta upaya pengurangan emisi karbon sebagai inisiatif SUN Energy dalam mewujudkan sekolah ramah lingkungan.

Dengan diberikannya donasi beruapa PLTS terhadap institusi pendidikan di kawasan industri Cikarang, Oky menuturkan hal ini sebagai cara promosi pihaknya juga untuk memperkenalkan solar panel ke pelaku industri.

“Dan betul juga, karena ini di Cikarang, kawasan industri, sebagai bentuk promosi juga dari kita untuk memperkenalkan solar panel ke seluruh kawasan pabrik-pabrik yang ada di sini,” ucapnya.

Untuk kapasitas yang terdapat pada solar panel di yayasan pendidikan ini, Oky menyampaikan kapasitas yang dapat ditampung sebesar 47 kWp.

“47 kWp [untuk kapasitas],” ujar Oky.

Kehadiran sistem PLTS di kawasan pendidikan kian bertumbuh dan terus diakselerasi, seperti yang dilakukan oleh SUN Energy yang juga telah mengoperasikan PLTS di sejumlah institusi pendidikan. 

Hal ini menjadi perhatian khusus bagi SUN Energy, dikarenakan generasi muda merupakan generasi yang akan menjadi solusi terhadap tantangan global yaitu perubahan iklim dengan beralih ke energi terbarukan, mendukung pembangunan berkelanjutan, dan menciptakan masa depan yang lebih hijau.

Yayasan SUN sebagai penyalur donasi berharap bahwa sistem PLTS ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi Cikarang Japanese School, tetapi juga menginspirasi institusi pendidikan lain untuk beralih ke energi terbarukan. Melalui inisiatif ini, Yayasan SUN terus berkomitmen untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan keberlanjutan lingkungan di Indonesia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper