Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AirAsia Lakukan Perbaikan Sistem Pada 10-11 Juli 2024, Penumpang Terdampak?

Selama proses perbaikan sistem, AirAsia mengungkap beberapa layanan tiket dan pemesanan akan terganggu. Berikut arahan maskapai untuk para calon penumpang.
Pesawat AirAsia/Wikipedia.org
Pesawat AirAsia/Wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai penerbangan PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) akan melakukan perbaikan sistem reservasi dan pengelolaan penumpangnya pada 10-11 Juli 2024. 

Eddy Krismeidi, Head of Indonesia Affairs and Policy, AirAsia menjelaskan, perbaikan ini dijadwalkan akan dilaksanakan selama 8 jam mulai pukul 18:00 (GMT+7) pada 10 Juli 2024 hingga pukul 02:00 (GMT+7) pada  11 Juli 2024. 

“AirAsia selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh penumpangnya. Sehingga perbaikan sistem secara teratur tentunya harus dilakukan demi kelancaran pelayanan serta memenuhi kebutuhan para penumpang yang terus berkembang,” kata Eddy dalam keterangan resminya, Senin  (8/7/2024).

Eddy menuturkan, dengan perbaikan ini, pemesanan penerbangan AirAsia, pengelolaan pemesanan, web check-in, pemesanan penerbangan dan hotel, penerbitan dan penukaran poin AirAsia Rewards, proses pembayaran untuk pemesanan yang sudah ada, serta pembelian paket tambahan, termasuk online duty-free, tidak akan tersedia selama periode ini. 

Sementara itu, semua layanan lain di aplikasi AirAsia MOVE (dahulu AirAsia Superapp) dan airasia.com, seperti layanan yang tidak terkait dengan penerbangan AirAsia, tidak akan terpengaruh. 

Seluruh tiket penerbangan AirAsia dapat dipesan melalui aplikasi airasia MOVE (dahulu airasia Superapp), website airasia.com, online travel agent, dan agen perjalan resmi lainnya. Selanjutnya,  untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih, calon penumpang dapat menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke [email protected].

Adapun, dengan adanya perbaikan ini, AirAsia menyarankan semua calon penumpang untuk mengambil  langkah-langkah berikut guna memastikan perjalanan berjalan lancar:

1. Check-In Mandiri Sebelum Penerbangan

Semua penumpang, termasuk pemesanan grup dan penerbangan lanjutan pada tanggal 10 dan 11 Juli 2024, sangat disarankan untuk melakukan check-in mandiri melalui aplikasi AirAsia MOVE (dahulu AirAsia Superapp), yang sudah tersedia atau maksimal 14 hari sebelum waktu keberangkatan yang telah dijadwalkan. 

2. Tiba Lebih Awal

Semua penumpang, terutama yang memiliki pemesanan grup, mobilitas terbatas, dan berkebutuhan khusus, diharapkan tiba di bandara setidaknya tiga jam lebih awal dari waktu keberangkatan yang telah dijadwalkan untuk menyelesaikan seluruh proses perjalanan. Layanan check-in di konter dan kios, serta penyerahan bagasi di seluruh bandara tempat AirAsia beroperasi, akan terpengaruh oleh peningkatan sistem ini. 

3. Gunakan E-Boarding Pass

Unduh E-Boarding Pass dari aplikasi AirAsia MOVE dan simpan di dompet digital atau ponsel untuk mempermudah proses naik pesawat (boarding) tanpa perlu mencetak ulang tiket di bandara. 

4. Perbarui Detail Kontak

Penumpang yang terpengaruh selama periode perbaikan sistem akan diberitahu melalui email dan pesan teks SMS. Pastikan detail kontak selalu diperbarui untuk menerima notifikasi terkini mengenai status penerbangan bersama AirAsia. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper