Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Dukung Industri Hulu Migas Lewat Pertamina One Solution

Pertamina Patra Niaga menghadirkan booth Pertamina One Solution, yang memperkenalkan berbagai solusi yang dibutuhkan industri hulu migas di Indonesia.
Petugas melakukan pengisian BBM disalah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jakarta, Minggu (3/9/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Petugas melakukan pengisian BBM disalah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jakarta, Minggu (3/9/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, BATAM - Pertamina Patra Niaga sebagai bagian dari Sub Holding Pertamina (Persero) ikut mendukung acara Pre Indonesia Upstream Oil & Gas Supply Chain Management & National Capacity Building (IOG SCM & NCB) Summit 2024, 3 - 4 Juli 2024 di Hotel Radisson Batam

Sewaktu kegiatan ini masih berlangsung, Pertamina Patra Niaga menghadirkan booth Pertamina One Solution, suatu program yang memperkenalkan berbagai solusi yang dibutuhkan industri hulu migas di Indonesia.

Seperti yang diketahui, ivent IOG SCM & NCB Summit 2024 melibatkan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), serta pemangku kepentingan industri hulu migas beserta industri penunjangnya membahas solusi dari berbagai tantangan mencapai target produksi migas.

Manager Industrial Sales Pertamina Patra Niaga,  Samuel Hamonangan Lubis mengatakan pihaknya sangat mendukung target pemerintah dari sisi kebutuhan program SKK Migas dan KKKS di Indonesia.

"Pertamina Patra Niaga siap berkolaborasi dalam mendukung program SKK migas, untuk mencapai target produksi satu juta barel per hari," kata Samuel, Jumat (5/7/2024).

Adapun produk dari Pertamina Patra Niaga yang bisa memberikan solusi kepada KKKS dalam pemenuhan rantai pasokan yang dibutuhkan, yakni BBM, Petrochemical, Lubricant, Aviasi dan juga termasuk LPG.

"Kami hadir memberi solusi sebagaimana kami hadirkan dalam Pertamina One Solution. Semua kebutuhan teman-teman KKKS ada disini, dalam hal ini adalah supply chain," sebutnya.

Ia juga menambahkan tujuan Pertamina membawa produk unggulannya yakni agar dapat menjalin kolaborasi antara pihaknya dengan KKKS, untuk mencapai target produksi yang ditetapkan oleh SKK Migas.

Samuel melanjutkan produk-produk ini dapat tersedia sampai ke lokasi-lokasi kerja SKK migas. Misalnya aviasi, kontraktor SKK Migas butuh BBM untuk helikopter pihaknya siap menyediakan.

"Kami juga bisa deliver sampe ke lokasi. Termasuk produk-produk Petrochemical, misal Oil Based Mart untuk membantu pengeboran di lokasi-lokasi," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Kepala SKK Migas, Shinta Damayanti mengatakan melalui acara IOG SCM & NCB Summit 2024, pihaknya mencoba mempertemukan para KKKS dan industri penunjang hulu migas, agar mendapat ruang baru untuk saling berkolaborasi atasi tantangan produksi migas.

"Untuk itulah kami adakan IOG SCM & NCB Summit 2024 ini, agar bisa menginformasikan kita punya proyek 1.000 sumur di 2025, jadi harus siap untuk menjawab tantangan ini. Mealui ivent ini, kami bisa melihat kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk menjawab challenge pengeboran," ujarnya.

Ia juga menegaskan momen IOG SCM & NCB Summit 2024 kemarin menjadi momentum antara KKKS dan vendor untuk saling bekerja sama. 

Kedua belah pihak dapat saling memberi pemahaman menganai posisi masing-masing, dimana KKKS butuh vendor, di sisi lain vendor harus penuhi kualitas, waktu dan harga yang dibutuhkan. 

Vendor juga bisa bekerja sama dengan vendor lain, dimana ada vendor yang kuat di sisi SDM bisa kolaborasi dengan vendor yang bagus di sisi fabrikasi, sehingga ada pilihan untuk memperkuat TKDN.(K65).

Caption : Suasana booth Pertamina Patra Niaga di acara IOG SCM & NCB Summit 2024 di Batam. F Ist

1720185875_bd377aef-e8a2-49cf-acde-a5be88df580a.
1720185875_bd377aef-e8a2-49cf-acde-a5be88df580a.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper