Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Pasar-Puskesmas di Kawasan Hunian ASN IKN Dilelang, Segini Nilainya

Kementerian PUPR melelang proyek pembangunan sekolah, pasar dan Puskesmas di Kawasan Hunian ASN Ibu Kota Nusantara (IKN).
Proyek rumah susun atau rusun pekerja di IKN Nusantara / Dok. Kementerian PUPR.
Proyek rumah susun atau rusun pekerja di IKN Nusantara / Dok. Kementerian PUPR.

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melelang proyek pembangunan sekolah, pasar dan Puskesmas di Kawasan Hunian ASN Ibu Kota Nusantara (IKN).

Mengutip informasi yang dibagikan dalam laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), harga perkiraan sendiri (HPS) dari proyek tersebut mencapai Rp414,93 miliar. 

Pembangunan proyek tersebut ditujukan guna mengakomodir kebutuhan barang dan jasa bagi para penduduk di IKN, di mana pada tahap awal akan diprioritaskan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) terlebih dahulu.

“Maksud Pengadaan Pekerjaan Konstruksi ini adalah untuk mendapatkan Penyedia Jasa yang akan melakukan kegiatan konstruksi pembangunan sekolah, pasar dan puskesmas di Kawasan Hunian ASN IKN Provinsi Kalimantan Timur,” tulis Kementerian PUPR dalam dokumen lelang, dikutip Selasa (18/6/2024). 

Nantinya, ruang lingkup pengerjaan ini terdiri dari 5 proyek utama. Di antaranya pengerjaan bangunan sekolah SD, bangunan sekolah SMP dan SMA, bangunan pasar, bangunan masjid serta bangunan Puskesmas.

Pemerintah berencana membangun sekolah, pasar hingga puskesmas di IKN guna menjamin arah pembangunan tetap searah dengan visi pembangunan kota Nusantara. 

Sejalan dengan pelaksanaan tersebut, Kementerian PUPR telah menjadwalkan proses pengumuman pemenang bakal dilakukan pada 4 Juli 2024. Sementara itu, proses penandatanganan kontrak dilakukan pada 12 Juli 2024.

Dengan demikian, proyek Pembangunan Sekolah, Pasar dan Puskesmas di IKN khususnya di Kawasan hunian ASN tersebut diperkirakan bakal mulai konstruksi pada tahun ini.

Sebagai informasi, saat ini Kementerian PUPR memang tengah berkomitmen menyelesaikan konstruksi rumah susun (rusun) bagi ASN di IKN.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menargetkan 12 rumah susun (rusun) bagi aparatur sipil negara (ASN) rampung Juli 2024. Di mana, saat ini progres rusun ASN telah mencapai 51%.

"Insya Allah pada Juli sampai Agustus 2024 nanti 12 rusun sudah fully furnished," jelasnya saat ditemui di Kompleks DPR RI.

Basuki menjelaskan, rencana pemindahan ASN akan dilakukan usai Upacara HUT RI ke-79 rampung digelar. Pasalnya, rusun ASN akan digunakan terlebih dahulu sebagai hunian bagi para peserta upacara di IKN.

Adapun, saat ini Kementerian PUPR tengah menggarap sebanyak 47 rusun bagi para ASN dan Polri di IKN. Hingga awal Juni 2024, sebanyak 14 konstruksi rusun dilaporkan telah mencapai tahap pengatapan atau topping off.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper