Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Summarecon Gandeng Al-Azhar Bangun Sekolah Senilai Rp200 Miliar di IKN

Summarecon Agung bersama Yayasan Pendidikan Islam Al-Azhar resmi membangun Sekolah Islam Al-Azhar Summarecon Nusantara
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Summarecon Agung Tbk. (SMRA) bersama Yayasan Pendidikan Islam Al-Azhar resmi membangun Sekolah Islam Al-Azhar Summarecon Nusantara pada hari ini, Selasa (4/6/2024).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memimpin peresmian groundbreaking Sekolah Islam Al-Azhar Summarecon mengatakan kehadiran Sekolah Islam Al-Azhar bakal memperkuat sektor pendidikan yang ada di Nusantara. 

“Fasilitas pendidikan sangat diperlukan di berbagai jenjang, karena nantinya ketika fasilitas-fasilitas sudah ada di Nusantara maka akan menarik bentuk investasi-investasi lain di IKN,” ucap Joko Widodo dalam keterangan resmi, Selasa (4/6/2024).

Lebih lanjut, Jokowi turut mengapresiasi desain bangunan kompleks sekolah yang dinilai selaras dengan visi pembangunan IKN. Yakni, mengedepankan aspek yang menyatu dengan alam dilengkapi dengan teknologi yang mutakhir.

Adapun, total nilai investasi proyek Al-Azhar Summarecon Nusantara dilaporkan mencapai Rp200 miliar. Sekolah ini akan menghadirkan ragam jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, dan SMA.

Al-Azhar Summarecon Nusantara akan dibangun di lahan seluas 2,9 hektare (Ha) yang dilengkapi dengan fasilitas olahraga, laboratorium dan gedung serbaguna. Bangunan sekolah mengambil konsep rumah panggung dengan interior bangunan mengusung konsep berkelanjutan. 

Selain itu, Masjid Al Azhar Summarecon Nusantara juga akan dibangun sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan Islam di Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara dan nantinya  juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum di IKN. 

Menteri PUPR sekaligus Plt. Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara akan menambah ketersediaan pendidikan berkualitas yang nantinya akan segera hadir.

"Bersama dengan fasilitas pendidikan lainnya, diharapkan akan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh keluarga Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat umum sehingga perkembangan dan mutu pendidikan di IKN dapat tumbuh dengan pesat.” jelas Basuki.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Direktur PT Summarecon Agung Tbk, Adrianto P. Adhi menyampaikan, pembangunan Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara yang menjadi sekolah ke-5 ini akan segera dimulai pembangunannya.

"Diharapkan kegiatan belajar mengajar akan dimulai pada tahun ajaran 2025/2026. Setelah itu pembangunan tahap 2 segera dimulai untuk memulai kegiatan belajar mengajar di tahun 2026/2027,” pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper