Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bambang Susantono Mundur, Jokowi: Pembangunan IKN Jalan Terus

Pembangunan IKN dipastikan akan jalan terus meskipun kepala Otorita dan wakilnya mundur
Bambang Susantono Mundur, Jokowi: Pembangunan IKN Jalan Terus (ANTARA/Muzdaffar Fauzan)
Bambang Susantono Mundur, Jokowi: Pembangunan IKN Jalan Terus (ANTARA/Muzdaffar Fauzan)

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Jokowi memastikan pembangunan IKN atau Ibukota Nusantara akan tetap berlanjut meskipun Kepala Otorita Bambang Susantono dan wakilnya Dhony Rahajoe mundur dari jabatannya.

Dalam akun twitter resmi Jokowi, Presiden menyatakan Senin 3 Juni 2024 telah terbit Keputusan Presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Bapak Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala OIKN.

Pemberhentian dengan hormat itu, menurut Jokowi seiring dengan pengunduran diri yang telah diterimanya.

"Pembangunan IKN akan terus berlanjut sesuai visi bersama yang telah ditetapkan," tegas Jokowi.

Dia menyatakan selanjutnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni akan menjalankan kewajiban sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala dan Wakil Kepala OIKN.

Tugas Basuki dan Raja Juli itu akan berlaku hingga ditunjuknya Kepala dan Wakil Kepala OIKN definitif sesuai perundang-undangan, agar program-program percepatan pembangunan IKN tetap terjamin. 

Diberitakan Bisnis sebelumnya, Bambang Susantono mundur dari jabatannya sebagai Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Informasi ini disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Senin (3/6/2024). Selain Bambang Susantono, Pratikno mengatakan bahwa Dhony Rahajoe juga mengundurkan diri dari posisi sebagai Wakil Kepala Badan Otorita IKN.

"Bapak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Pak Doni Rahajoe selaku Wakil Kepala Otorita IKN. Kemudian, beberapa waktu berikutnya Pak Presiden juga menerima surat permohonan pengunduran diri dari Pak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita," kata Pratikno dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Atas permohonan tersebut, Pratikno menyampaikan pada hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memberhentikan dengan hormat dua jajaran petinggi OIKN tersebut.

"Nah pada hari ini, telah terbit keputusan Presiden tentang  pemberhentian dengan hormat Bapak Bambang sebagai Kepala OIKN, dan juga bapak Dhony Rahardjoe sebagai kepala wakil OIKN," ujarnya.

Presiden Jokowi juga mengangkat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono sebagai PLT Kepala OIKN.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper