Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Jelaskan Progres Bandara IKN, Target Rampung 2 Bulan Lagi

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan progres Bandara VVIP di IKN dengan target beroperasi pada 1 Agustus 2024 atau dua bulan lagi.
Progres terkini proyek Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan target beroperasi 1 Agustus 2024./ Dok. Kemenhub
Progres terkini proyek Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan target beroperasi 1 Agustus 2024./ Dok. Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan Bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN) dapat beroperasi 1 Agustus 2024.

Hal tersebut dia ungkapkan saat meninjau progres pembangunan Bandara IKN pada Senin (3/6/2024). Dalam kunjungannya, Budi Karya mengunjungi beberapa titik, seperti lokasi landas pacu dan gedung terminal.

Budi menuturkan, progres pembangunan di dua lokasi ini dan sejumlah fasilitas lainnya secara garis besar sudah baik dan sesuai rencana. Dia menyebut, progres konstruksi pada landas pacu dan gedung terminal sudah signifikan dibandingkan dengan kunjungan terakhir ya pada April 2024.

Dia menuturkan, sinergi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) diharapkan dapat menyelesaikan Bandara IKN sesuai target pada 1 Agustus 2024.

“Insyaallah, Juli kita uji coba dan siap dioperasikan untuk memperingati Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus nanti,” kata Budi Karya dalam keterangan resminya, Senin (3/6/2024).

Dia memperinci, progres pekerjaan fisik Bandara IKN hingga minggu ke-25 telah mencakup beberapa aspek, di antaranya pekerjaan baja, instalasi pipa plumbing, atap, dinding, dan elektrikal di Terminal VVIP; pekerjaan kolom, instalasi pipa plumbing, dan rangka baja di Terminal VIP.

Selanjutnya, pekerjaan struktur atas lantai 1-4 Gedung ATC; pekerjaan pilecap dan instalasi plumbing Gedung Administrasi dan Operasional; pekerjaan minipile dan pipa plumbing di Gedung PK-PPK; serta pekerjaan struktur atas gedung substation.

Aspek lainnya mencakup pekerjaan struktur atas gedung peribadatan, pekerjaan struktur lab karantina; pekerjaan minipile bangunan power house; pekerjaan cut & fill, galian U-ditch, geotextile, agregat di Jalan Akses Utama (uditch), Embung, dan Jalan Perimeter Barat; pekerjaan pondasi pancang Gedung Ruang Pompa dan GWT, serta STP; serta pekerjaan pondasi rumah dinas.

Sebagai informasi, Bandara IKN punya luas terminal 7.350 m2 dan luas area bandara 347 Ha. Konsep desain terminal bandara ini akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan dan berorientasi ramah lingkungan.

Dengan runway sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter, Bandara IKN dapat didarati oleh pesawat berbadan besar, seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper