Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jabat Deputi Gubernur Senior BI 2 Periode, Destry: Ini Amanah dan Tanggung Jawab

Komisi XI DPR RI menyetujui Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) untuk periode 2024-2029.
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti. JIBI/Istimewa
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti. JIBI/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Komisi XI DPR RI menyetujui Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) untuk periode 2024-2029.

Dalam uji kepatutan dan kelayakan (fit & proper test) di Komisi XI DPR RI, Senin (3/6/2024), Destry menyampaikan bahwa dirinya yang kembali diusulkan menjadi DGS merupakan amanah dan tanggung jawab yang harus dijalankan.

“Saya menganggap itu amanah, defaultnya saya selalu dimanapun, masa tugas saya 5 tahun pada saat itu, ya saya fokus 5 tahun memberikan yang terbaik, bahwa kemudian saya dipercaya lagi meneruskan atau mendapatkan amanah yang sama tentu saya menganggap ini amanah dan tanggung jawab yang harus saya jalankan,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi XI DPR RI Kahar Muzakir menyampaikan bahwa pertimbangan Komisi XI yang menyetujui Destry sebagai Deputi Gubernur Senior BI periode 2024-2029 karena pengalaman dan rekam jejaknya di bank sentral pada periode pertama Destry menjabat.

“Periode ke satu [Destry] sudah cocok dan tidak ada keluhan. Tadi dia [Destry] sudah memaparkan [visi dan misi] dan menurut kawan kewan [Komisi XI] cocok, jadi kita putuskan sepakat,” katanya kepada wartawan.

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede menilai bahwa Destry yang kembali ditunjuk jadi Deputi Gubernur Senior BI adalah tepat mempertimbangkan rekam jejaknya selama ini dalam bidang keuangan, moneter, dan perbankan.

Dengan demikian, imbuhnya, Destry sebagai Deputi Gubernur Senior akan bisa melanjutkan kebijakan bank sentral terkait stabilitas rupiah dan pendalaman pasar keuangan yang selama ini telah diupayakan oleh BI, misalnya kebijakan terkait local currency settlement dan instrumen term deposit (TD) valas untuk penempatan devisa hasil ekspor SDA.

“Ini semua beberapa terobosan yang dilakukan BI yang diharapkan mendorong stabilitas sistem keuangan, khususnya stabilitas rupiah, sehingga harapannya ekonomi yang berkelanjutan juga bisa tercipta,” katanya.

Josua menilai bahwa upaya BI untuk memperdalam pasar keuangan perlu terus diperkuat dan dibutuhkan terobosan dalam hal ini. 

Oleh karena itu, dengan terpilihnya Destry kembali sebagai Deputi Gubernur Senior BI, diharapkan BI dapat terus mengoptimalkan pasar keuangan yang akan mendukung pembiayaan ke sektor usaha, di samping mendukung stabilitas harga dan meningkatkan fungsi intermediasi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper