Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ssst! Huawei Diam-Diam Danai Penelitian di AS

Huawei disebut mendanai penelitian di universitas AS termasuk Harvard melalui yayasan penelitian independen bersamaan dengan kompetisi untuk para ilmuwan.
Huawei Nova 12 Pro
Huawei Nova 12 Pro

Bisnis.com, JAKARTA — Raksasa teknologi China Huawei diam-diam mendanai penelitian di Amerika Serikat (AS) meski masuk daftar hitam, demikian menurut laporan Bloomberg.

Penelitian tersebut dilakukan di universitas-universitas, termasuk Harvard, di mana dananya disalurkan melalui yayasan penelitian independen yang berbasis di Washington, bersamaan dengan kompetisi untuk para ilmuwan.

Dilansir dari Engadget, Sabtu (4/5/2024), Huawei adalah satu-satunya pemberi dana kompetisi penelitian yang telah menghasilkan jutaan dolar sejak 2022 dan menarik ratusan proposal dari ilmuwan. Beberapa dari ilmuwan ini berasal dari universitas terkemuka di AS yang telah melarang peneliti bekerja dengan Huawei.

Adapun ketakutan terbesar dari penelitian ini karena dinilai dapat menghasilkan inovasi yang memberi China keunggulan dalam hal kontrak pertahanan dan kepentingan komersial.

“Merupakan gambaran buruk bagi sebuah yayasan penelitian bergengsi yang secara anonim menerima uang dari perusahaan China yang menimbulkan begitu banyak kekhawatiran keamanan nasional bagi pemerintah AS,” kata James Mulvenon, seorang kontraktor pertahanan yang telah bekerja pada masalah keamanan penelitian dan ikut menulis beberapa buku tentang spionase industri.

Perlu dicatat, operasi penyaluran uang ini tidak terlihat ilegal, karena penelitian yang ditujukan untuk publikasi tidak masuk dalam lingkup larangan tersebut.

Huawei menyelenggarakan kompetisi serupa di belahan dunia lain, meski secara terbuka. Orang-orang yang berpartisipasi dalam kompetisi penelitian yang berbasis di AS bahkan tidak mengetahui bahwa Huawei terlibat, dan percaya bahwa dana tersebut berasal dari Optica.

Kompetisi ini memberikan hadiah sebesar US$1 juta per tahun dan Optica tidak memberikan indikasi bahwa Huawei menyediakan uang tunai.

Juru bicara Huawei mengatakan bahwa perusahaan tersebut dan Optica Foundation menciptakan kompetisi tersebut untuk mendukung penelitian global dan mempromosikan komunikasi akademis, dan mengatakan bahwa kompetisi tersebut tetap anonim agar tidak dianggap sebagai semacam promosi.

Sementara itu, CEO Optica Liz Rogan dalam sebuah pernyataan menyampaikan bahwa banyak donor yayasan “lebih memilih untuk tidak disebutkan namanya” dan “tidak ada yang aneh dengan praktik ini.”

Dia juga mengatakan bahwa seluruh dewan direksi mengetahui keterlibatan Huawei dan semua orang menyetujuinya.

Bloomberg mencatat bahwa kompetisi yang didukung Huawei adalah satu-satunya kompetisi di situs Optica yang tidak mencantumkan sponsor keuangan individu dan perusahaan.

Huawei telah terjerat dalam jaringan pembatasan AS selama beberapa tahun terakhir. Hal ini dimulai pada 2019 ketika Presiden Trump menandatangani perintah eksekutif yang melarang penjualan dan penggunaan peralatan telekomunikasi yang menimbulkan risiko “tidak dapat diterima” terhadap keamanan nasional.

Saat itu, Trump mengatakan bahwa “musuh-musuh asing” mengeksploitasi celah keamanan yang pada akhirnya akan menyebabkan “efek yang berpotensi menimbulkan kerugian.”

Beberapa orang mengharapkan Presiden Biden akan membatalkan perintah eksekutif Trump ketika perintah tersebut habis masa berlakunya pada 2021, namun dia mengambil arah yang berlawanan. Perintah tersebut tidak hanya berlaku, tetapi Biden juga menandatangani undang-undang yang menghalangi Huawei untuk mendapatkan lisensi FCC dan melarang investasi Amerika di industri teknologi tinggi China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper