Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bertemu Menkeu Malaysia, Sri Mulyani Bahas Kerja Sama Industri Halal

Menkeu Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Menteri Keuangan Malaysia Datuk Seri Amir Hamzah untuk bahas kerja sama industri halal.
Menkeu Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita edisi Maret pada Senin (25/5/2024). Dok Kemenkeu RI
Menkeu Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita edisi Maret pada Senin (25/5/2024). Dok Kemenkeu RI

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Menteri Keuangan Malaysia Datuk Seri Amir Hamzah Azizan di Washington D.C., Amerika Serikat pada Rabu (17/4/2024).

Sri Mulyani menyampaikan pertemuan tersebut membahas mengenai pentingnya dukungan terhadap pertumbuhan industri halal.

“Saya juga sampaikan pentingnya kolaborasi dan kerja sama teknis dalam mendukung pesatnya pertumbuhan industri halal,” ujar Sri Mulyani di akun instagramnya @smindrawati, Kamis (18/4/2024).

Sri Mulyani menjelaskan bentuk dukungan tersebut dibuktikan dengan kedua negara telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di bidang rekognisi sertifikat halal pada beberapa waktu yang lalu.

“Dengan ditandatanganinya MoU antar kedua negara di bidang rekognisi sertifikat halal beberapa waktu lalu,” ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani berharap kerja sama ini dapat meningkatkan sektor perdagangan minuman dan makanan halal.

Selain itu, pertemuan Sri Mulyani dengan Menkeu Malaysia tersebut juga membahas tentang penguatan hubungan bilateral kedua negara di tengah menghadapi tensi geopolitik yang meningkat, salah satu bidang yang diperkuat oleh Indonesia adalah keuangan syariah.

“Kami berbincang mengenai penguatan hubungan bilateral antar kedua negara, khususnya dalam mengarungi masa-masa penuh tantangan di tengah gejolak peningkatan tensi geopolitik. Salah satu bidang yang terus kita perkuat adalah keuangan syariah,” ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani menyampaikan kebanyakan ahli keuangan syariah di Indonesia merupakan lulusan dari Negeri Jiran.

“Kita banyak belajar dan bahkan banyak ahli keuangan syariah kita merupakan lulusan Negeri Jiran,” ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga menjelaskan Malaysia menjadi negara yang mendapatkan mandat untuk memegang Chairmanship ASEAN pada tahun 2025.

Sri Mulyani memastikan Indonesia akan memberikan dukungan penuh kepada Malaysia dan siap untuk menyukseskan program penting tesebut.

“Saya pastikan Indonesia akan mendukung penuh dan siap menyukseskan agenda penting tersebut,” ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani menyampaikan kerja sama yang bagus ini dapat memperkuat posisi Asean sebagai titik terang dan menjadi wilayah yang bersinar.

“Dengan kerja sama apik, kita terus kuatkan posisi ASEAN sebagai the bright spot, the shining region..!” ujar Sri Mulyani. (Ahmadi Yahya) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper