Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Ruang Erupsi, PVMBG Imbau Masyarakat Jauhi Bibir Pantai

PVMBG Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menaikan status Gunung Ruang di Sulawesi Utara menjadi Level IV atau Level Awas.
Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi/Istimewa
Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menaikan status Gunung Ruang di Sulawesi Utara menjadi Level IV atau Level Awas.

Kepala PVMBG Hendra Gunawan mengimbau masyarakat tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Hendra juga memberikan peringatan kepqda masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut.

"Masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius 6 Km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 Km Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Ruang," kata Hendra dalam keteranganya, Kamis (18/4/2024).

Lebih lanjut, masyrakat  juga diimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.

Melansir dari laman PVMBG, naiknya status ini berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik pada Gunung Ruang.

“Maka tingkat aktivitas Gunung Ruang dinaikkan dari Level III (Siaga) menjadi Level IV (AWAS) terhitung mulai tanggal 17 April 2024 pukul 21.00 WITA,” melansir dari keterangan web resmi PVMBG, Rabu (17/4/2024).

Dalam keterangan di website, tercatat pada pukul 00.00 – 12.00 WITA, jumlah Gempa Vulkanik Dalam (VTA) tercatat 373 kejadian, Gempa Vulkanik Dangkal (VTB) 564 kejadian, Gempa Terasa 2 kejadian, dan Gempa Tektonik Lokal 1 kali kejadian.

Kemudian, pada pukul 12:00 - 20:15 WITA, Gempa Erupsi 1 kejadian dan Tremor Vulkanik menerus dengan amplitudo maksimum 50 - 55 mm (dominan 55 mm).  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper