Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Pertemuan Bos Apple dengan PM Vietnam Sebelum Sambangi Jokowi

CEO Apple Tim Cook bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Vietnam Pham Minh Chinh di Hanoi, Selasa (16/4/2024), sebelum ke Jakarta ketemu Presiden Jokowi.
CEO Apple Tim Cook./ Bloomberg
CEO Apple Tim Cook./ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Chief Executive Officer (CEO) Apple Timothy Donald Cook atau yang akrab disapa Tim Cook mengunjungi Vietnam dalam rangka meningkatkan kerja sama dan investasi sebelum terbang ke Jakarta ketemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dikutip dari Bloomberg pada Rabu (17/4/2024), Tim Cook menyampaikan bahwa pihaknya ingin memaksimalkan investasi serta kerja sama yang berkualitas di Vietnam.

Apple Inc. berjanji akan membeli komponen dan aksesori dalam jumlah yang lebih banyak untuk produk Apple dari penyuplai di Vietnam, seperti dilaporkan media milik pemerintah Vietnam VTV. 

Hal ini akan memberikan dorongan yang besar bagi Vietnam sebagai negara di Asia Tenggara yang mengalami perkembangan menjadi pusat elektronik secara global.

Dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh di Hanoi, Tim Cook menyampaikan Apple akan mengoptimalkan pengeluaran untuk penyuplainya di Vietnam.

Pasalnya, Apple kini sedang berusaha mempelajari cara untuk memindahkan produksi gadget dari China sebagai upaya untuk meminimalkan risiko geopolitik.

Maka dari itu, Tim Cook menjelajahi beberapa negara seperti India, Vietnam, serta Indonesia. Menurutnya, egara-negara ini tercatat mengalami peningkatan sebanyak empat kali lipat jumlah perusahaan yang bergerak di bidang perakitan produk Apple selama dekade terakhir.

Berdasarkan laporan VTV tersebut, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh menyampaikan rencananya akan membentuk kelompok khusus untuk perluasan produk Apple di negaranya. Bahkan, dia meminta bantuan Cook untuk mengembangkan tenaga kerja yang ahli di bidangnya dengan kualitas yang tinggi.

Pihak Apple memberikan pernyataan akan terus meningkatkan komitmennya dengan Vietnam dalam jumlah yang tidak ditentukan.

Pihak Apple juga menyampaikan Apple telah menghabiskan dana sebanyak hampir 400 triliun dong atau sekitar US$15,8 miliar di Vietnam sejak 2019 yang melalui mitra rantai pasokannya.

Pada postingan VTV, mitra Apple di Vietnam tercatat mengoperasikan lebih dari 70 pabrik dengan lebih dari 250.000 tenaga kerja. 

China juga meminta Apple untuk memberikan dorongan kepada pemasoknya untuk merekrut lebih banyak perusahaan Vietnam supaya mereka bisa ikut serta lebih dalam pada rantai pasokan perusahaan tersebut.

Media lokal juga melaporkan bahwa Cook tiba di ibu kota Hanoi pada Senin pagi (15/4/2024),dan melakukan kunjungan ke programmer, pembuat konten, dan penyanyi Vietnam selama dua hari. (Ahmadi Yahya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper