Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT KAI Sebut Arus Balik Penumpang ke Jakarta Masih Tinggi

PT KAI menyebut jumlah penumpang yang melakukan perjalanan untuk kembali ke Jakarta masih cukup tinggi.
Suasana Stasiun Senen membludak saat arus balik mudik Lebaran, pada Minggu (14/4/2024)./Bisnis-Erta Darwati
Suasana Stasiun Senen membludak saat arus balik mudik Lebaran, pada Minggu (14/4/2024)./Bisnis-Erta Darwati

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyebut jumlah penumpang yang melakukan perjalanan untuk kembali ke Jakarta pada hari kerja pertama pascalibur Lebaran, Selasa (16/4/2024), masih cukup tinggi.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menjelaskan, sebanyak 47.613 penumpang akan tiba di stasiun wilayah Daop 1 Jakarta pada hari ini. Secara terperinci, dia mengatakan sebanyak 18.600 penumpang di antaranya akan tiba di Stasiun Pasar Senen.

Kemudian, sebanyak 14.400 penumpang akan turun di Stasiun Gambir, 5.450 penumpang di Stasiun Bekasi, 4.350 penumpang di Stasiun Jatinegara.

Sementara itu, sisa penumpang akan turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek. Ixfan menuturkan, jumlah penumpang ini mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dibandingkan dengan periode normal.

"Mayoritas penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang," kata Ixfan saat dikonfirmasi, Selasa (16/4/2024).

Di sisi lain, Ixfan menyebut volume penumpang yang berangkat di area Daop 1 pada jari ini sudah berangsur normal. Meski demikian, dia menuturkan volume penumpang masih terbilang tinggi jika dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Secara total, terdapat 26.600 pengguna berangkat dengan jumlah sekitar 18.500 Penumpang untuk keberangkatan awal KA dari Stasiun Pasar Senen dan 7.800 penumpang dari Stasiun Gambir. 

Adapun, tingkat okupansi penumpang keseluruhan mencapai 71% dari total ketersediaan tempat duduk.

Ixfan mengatakan, untuk hari ini KA tambahan masih dijalankan, sehingga secara total terdapat 78 KA yang berangkat. Secara terperinci, sebanyak 38 KA berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 40 KA lainnya berangkat dari Stasiun Gambir. 

Sementara itu, Ixfan menambahkan berdasarkan data KAI per 16 April 2024 sekitar 768.000 tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual. Dari jumlah tersebut, mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni 3-11 April 2024.

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper