Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak! Jadwal dan Daftar Diskon Tarif Tol Arus Balik Lebaran 2024

Sejumlah perusahaan jalan tol bakal kembali memberikan diskon tarif tol pada arus balik Lebaran 2024. Berikut ini jadwal dan daftar lokasinya.
Kendaraan mengantre di Gerbang Tol Cikampek Utama saat arus Mudik Lebaran 2024 - Dok. Jasa Marga
Kendaraan mengantre di Gerbang Tol Cikampek Utama saat arus Mudik Lebaran 2024 - Dok. Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) mengungkap komitmennya untuk memberikan Diskon Tarif Tol pada momentum arus balik Lebaran 2024.

Adapun, potongan tarif yang diberikan pada periode tertentu itu dilakukan dalam rangka menyebar distribusi lalu lintas agar tidak menumpuk di puncak arus balik Lebaran 2024.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR), Subakti Syukur, misalnya menyebut pihaknya berkomitmen untuk memberikan diskon tarif tol sebesar 20% pada momen arus balik Lebaran 2024.

Pemberian diskon tarif itu akan berlaku untuk seluruh jenis golongan kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans Jawa pada periode arus balik dari Semarang menuju Jakarta pada Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB. 

Nantinya, potongan tarif tol 20% untuk Jalan Tol Trans Jawa tersebut hanya berlaku untuk perjalanan menerus, bagi pengguna jalan yang melakukan tap in dari gerbang tol (GT) Kalikangkung dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama. 

Subakti juga menegaskan, selama arus balik Lebaran 2024, pihaknya telah mempersiapkan upaya peningkatan layanan baik di gerbang tol maupun di jalur jalan tol. 

"Kami juga akan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait yaitu, Kepolisian, Kementerian Perhubungan dan Kemenko PMK sehingga dapat mengawal pelaksanaan arus balik secara menyeluruh,” kata Subakti dikutip Senin, (15/4/2024).

Sementara itu, hal senada juga disampaikan oleh Astra Infra selaku pengelola sejumlah jaringan Jalan Tol Trans Jawa, seperti Tol Cikopo - Palimanan (Cipali).

Ketua Gugus Tugas Lebaran Astra Infra Group, Rinaldi, menuturkan bahwa Astra Infra akan memberikan diskon tarif sebesar 20% selama arus balik lebaran, yang berlaku pada pada Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB (2 x 24 jam). 

"Diskon juga berlaku bagi seluruh golongan kendaraan, yang melintasi Tol Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan, dan Jombang - Mojokerto secara menerus (gate to gate) dan untuk transaksi tol menggunakan kartu uang elektronik dengan saldo cukup," tambahnya.

Selanjutnya, PT Hutama Karya (Persero) atau HK juga telah menyampaikan akan memberikan potongan diskon tarif sebesar 20% di 3 ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

Ketiga ruas yang dimaksud yaitu Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka) (189 km), Tol Indralaya - Prabumulih (Indraprabu) (64,5 Km) dan Tol Pekanbaru - Dumai (131 Km).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim, menyampaikan bahwa pemberlakuan diskon tarif arus balik, masih sesuai dengan informasi yang disampaikan perusahaan saat awal periode arus mudik 2024.

“Selama periode arus balik lebaran, diskon tarif resmi berlaku mulai tanggal 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 19 April 2024 pukul 05.00 WIB, dengan tarif yang sama dengan arus mudik,” ujar Adjib.

Lebih lanjut, Adjib menyampaikan, pemotongan tarif akan berlaku untuk semua golongan kendaraan yang melintas dengan transaksi pembayaran jarak tarif terjauh, yakni hanya untuk kendaraan yang masuk dari Gerbang Tol (GT) Kayu Agung/Kayu Agung Utama kelolaan Hutama Karya dan keluar di Bakauheni Selatan, kelolaan PT Bakauheni Terbanggi Besar atau sebaliknya.

Kemudian diskon tarif juga akan berlaku bagi kendaraan yang masuk dari GT Prabumulih dan keluar di GT Palembang atau sebaliknya, dan kendaraan yang masuk dari GT Dumai dan keluar di GT Pekanbaru atau sebaliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper