Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stasiun Pasar Senen Dipadati Pemudik pada H-1 Lebaran

Jumlah penumpang di Pasar Senen makin padat pada H-1 Lebaran. Sebagian pemudik kesulitan dalam mendapat tiket sehingga harus menunggu hingga H-1.
Penumpang masih memadati stasiun pasar senen H-1 Lebaran.
Penumpang masih memadati stasiun pasar senen H-1 Lebaran.

Bisnis.com, JAKARTA -- Stasiun Pasar Senen masih dipadati pemudik pada H-1 Lebaran 2024. Penumpang kesulitan mendapat tiket sehingga mengambil jadwal pemberangkatan H-1 Lebaran. 

Berdasarkan pantauan Bisnis pukul 14.20 WIB, pergerakan pemudik di stasiun Pasar Senen cenderung ramai, nampak antrean mengular di lokasi cetak tiket fisik dan area keberangkatan. 

Kepadatan juga terasa pada area kursi tunggu penumpang. Sebagian lainnya yang tidak mendapat tempat duduk pun memilih untuk duduk lesehan di selasar area keberangkatan

Mayoritas calon penumpang pun membawa koper dan kardus dengan berbagai ukuran. Tak hanya itu, para porter yang berprofesi memberikan jasa pengangkutan barang itu pun terlihat lalu-lalang membantu penumpang untuk membawa bawaannya.

Zia (33) salah satu pemudik asal Jakarta Pusat bersama sang Ibu mengungkap alasan mereka berangkat menuju ke Surabaya h-1 Lebaran, lantaran sulitnya mendapatkan tiket kereta.

"Udah di sini dari jam 12.30 WIB, takut telat, karena padat ya orang-orang di sini. Harga tiket juga naik, saya kan pakai ekonomi premium biasanya Rp250.000 sekarang jadi Rp350.000," ujarnya pada Bisnis.

Senada, Maryani (37) bersama sang suami dan anak berusia 5 tahun cukup kesulitan untuk mendapatkan tiket karena sudah banyak yang penuh. Dirinya mengungkapkan tujuan kereta yang ditumpanginya adalah Lamongan.

Penumpang menunggu kereta di Stasiun Senen
Penumpang menunggu kereta di Stasiun Senen

"Pulangnya kami memutuskan tanggal 18 April saja, biar nggak ramai banget," ucapnya.

Sebagai Informasi, selama masa Angkutan Lebaran 2024, yaitu 31 Maret sampai dengan 21 April 20124, KAI Daop 1 Jakarta telah menyedikan sebanyak 1.688 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dengan rata-rata 77 perjalanan KAJJ perharinya, dengan rincian 40 perjalanan KAJJ berangkat dari Stasiun Gambir dan 37 perjalanan KAJJ berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

"Sampai dengan saat ini, Selasa 9 April 2024 sebanyak 675.402 tiket telah terjual dari total tiket yang disediakan sebanyak 963.948 seat, untuk keberangkatan KAJJ dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen," ucap Manager Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko saat dihubungi Bisnis

Adapun, dari tiket Stasiun Gambir yang terjual sebanyak 234.064 tiket dengan 40 perjalanan KAJJ perhari, sedangkan keberangkatan KA dari Stasiun Pasar Senen terjual sebanyak 431.963 tiket dengan 37 perjalanan KAJJ perhari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper