Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SPKLU Rest Area KM 57A Catat Transaksi Tertinggi Saat Mudik Lebaran

SPKLU di Rest Area KM 57A mencatat jumlah transaksi tertinggi dibandingkan dengan SPKLU lainnya saat H-1 Lebaran.
Ilustrasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. /Bisnis-M. Faisal Nur Ikhsan
Ilustrasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. /Bisnis-M. Faisal Nur Ikhsan

Bisnis.com, JAKARTA — Transaksi penggunaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tertinggi di tengah masa mudik lebaran tahun ini terjadi di Rest Area KM 57A. Sementara itu, untuk kawasan non rest area tercatat berada di SPKLU UID Jakarta Raya.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi mengatakan transaksi penggunaan SPKLU kali ini naik signifikan. 

Jumlah transaksi SPKLU di Rest Area pada periode mudik lebaran 2024 meningkat 5 kali lipat dibanding mudik lebaran 2023, begitu halnya dengan konsumsi energi listrik SPKLU juga meningkat hingga 5,2 kali lipat

“Berdasarkan laporan PT PLN (Persero) untuk kategori SPKLU Rest Area, transaksi tertinggi terdapat pada SPKLU Rest Area KM 57A sebesar 1.323 kWh, dan untuk SPKLU Non Rest Area terdapat pada SPKLU UID Jakarta Raya sebesar 4.632 kWh,” kata Agus lewat siaran pers, Selasa (9/4/2024). 

Agus menambahkan, peningkatan pengguna kendaraan listrik yang melakukan libur mudik lebaran juga sudah diprediksi oleh Kementerian Perhubungan. 

Terdapat 4.000 kendaraan listrik (EV) yang diproyeksikan akan berpartisipasi dalam Mudik Lebaran 2024. Berdasarkan realisasi hingga 7 April 2024, sudah terdapat lebih dari 2500 pengguna EV yang melakukan mudik dan akan terus bertambah.

Sebelumnya, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menuturkan transaksi penggunaan SPKLU lebaran tahun ini meningkat tajam.  

PLN mencatat, jumlah transaksi di SPKLU melonjak hingga lima kali lipat pada periode arus mudik 2024 dibandingkan dengan periode yang sama 2023 lalu dari 906 transaksi menjadi lebih dari 4.500 transaksi. 

Sementara dari sisi konsumsi daya, pada periode arus mudik tahun 2024 (hingga H-3 lebaran) ini bahkan meningkat 5,2 kali lipat dibandingkan periode arus mudik tahun 2023, yaitu dari 17 MWh menjadi lebih dari 92,4 MWh. 

“Pada mudik tahun-tahun sebelumnya, SPKLU hanya terdapat pada rest area tertentu saja. Sekarang, setiap rest area ada SPKLU yang siap melayani kebutuhan pemudik,” kata Darmawan lewat siaran pers, Selasa (9/4/2024). 

Seperti diketahui, PLN menambah 175 unit SPKLU yang tersebar di berbagai titik jalur mudik Jawa dan Sumatra. Sehingga secara nasional, terdapat 1.299 unit SPKLU di 879 lokasi yang siap melayani pengguna mobil listrik di seluruh Indonesia. 

Lokasi sebaran SPKLU tersebut juga telah dipetakan dengan cermat, di jalur tol Trans Sumatra-Jawa misalnya, jarak rata-rata antar SPKLU sekitar 23 kilometer. Kapasitas baterai mobil listrik paling kecil sebesar 39 kWh memiliki jarak tempuh 300 kilometer, sehingga tidak perlu ada kekhawatiran untuk perjalanan jauh.

“PLN telah menyiapkan SPKLU di jalur-jalur mudik dari Merak sampai Banyuwangi dan Bakauheni sampai Palembang dengan dengan rata-rata jarak antar SPKLU sekitar 23 kilometer,” tuturnya. 

Tidak hanya berfokus pada kendaraan listrik roda empat, PLN juga telah menyiapkan 1.839 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) dan 9.771 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) bagi kendaraan listrik roda dua.  

“Untuk lokasi SPKLU, SPBKLU dan SPLU dapat diakses melalui menu Electric Vehicle pada Aplikasi PLN Mobile. Dan semuanya untuk kemudahan pengguna EV dapat berkendara dengan nyaman,” kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper