Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

9 dari 25 Ekonom Sebut Inflasi Indonesia pada Maret 2024 Tembus Level 3%

Ekonom memproyeksikan inflasi Indonesia pada Maret 2024 yang juga bertepatan dengan Ramadan akan tembus lebih dari 3% secara tahunan (yoy).
Pedagang memilah cabai merah dan cabai rawit di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Senin (5/2/2024). Bahan pokok menjadi salah satu faktor penyumbang inflasi. Bisnis/Himawan L Nugraha
Pedagang memilah cabai merah dan cabai rawit di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Senin (5/2/2024). Bahan pokok menjadi salah satu faktor penyumbang inflasi. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Ekonom memproyeksikan inflasi Indonesia pada Maret yang juga bertepatan dengan Ramadan akan tembus lebih dari 3% secara tahunan atau year-on-year (yoy). Meski demikian, rentang ini diperkirakan masih sesuai dengan target pemerintah pada 2024.

Proyeksi ini lebih tinggi dari realisasi inflasi di Indonesia pada Februari 2024 yang berada di level 2,75% (yoy) dan 0,37% secara bulanan atau month-to-month (mtm). 

Mengacu pada konsensus ekonom Bloomberg, rata-rata proyeksi inflasi pada Maret 2024 ini di angka 2,91% (yoy), dan 0,4% (mtm). Di mana sembilan dari 25 ekonom berpendapat inflasi akan menembus 3%.

Kepala Ekonom PT Bank Permata Josua Pardede menyampaikan tingkat inflasi tahunan sangat mungkin menembus angka 3,11% (yoy). Begitu pula dengan inflasi bulanan yang dirinya perkirakan meningkat dari 0,37% pada Februari menjadi 0,58% pada Maret.

Peningkatan ini terutama disebabkan oleh inflasi harga bergejolak yang terkait dengan harga pangan, yang diproyeksikan naik dari 8,47% yoy menjadi 8,50% yoy. 

Terlebih keterbatasan pasokan makanan di tengah fenomena El Nino, sementara kebutuhan masyarakat tengah meningkat selama Ramadan. 

“Waktu puncak musim panen yang bergeser ke akhir Maret dan awal April 2024, bersamaan dengan lonjakan musiman dalam permintaan selama bulan Ramadan,” ungkap, Minggu (31/3/2024). 

Bukan hanya inflasi terhadap pangan atau volatilfe food (VF), inflasi harga yang diatur pemerintah diperkirakan turut menguat dari 1,67% (yoy) menjadi 2,31% akibat kenaikan tarif transportasi udara yang didorong oleh peningkatan permintaan untuk mudik Lebaran. 

Josua juga melihat adanya potensi kenaikan inflasi inti dari 1,68% (yoy) pada Februari menjadi 1,71% pada Maret. 

“Hal ini mencerminkan peningkatan permintaan selama bulan Ramadhan, kenaikan harga emas, dan kenaikan inflasi impor di tengah depresiasi Rupiah,” lanjutnya.

Meski diproyeksi tembus melebihi 3%, Josua meyakini tidak akan melewati target pemerintah pada rentang 1,5% hingga 3,5%. Dengan demikian, inflasi tetap akan terkendali. 

Untuk sisa semester I/2024 ini, tren inflasi masih berpotensi naik pada April sebagai dampak dari El Nino dan perayaan Idulfitri. 

“Meskipun ada kenaikan ini, perkiraan suku bunga tetap berada dalam kisaran target, memberikan kelonggaran bagi Bank Indonesia untuk mempertimbangkan penurunan BI-rate, terutama di semester II/2024,” tutupnya. 

Sementara itu, Kepala Ekonom PT Bank Central Asia David Sumual menyampaikan inflasi mulai terkerek seiring efek musiman dari bulan puasa. 

Senada dengan Josua, David juga meyakini akselerasi inflasi akan bersumber dari sebagian besar bahan pangan, terutama untuk beras, telur ayam, bawang merah, dan daging ayam. 

Inflasi inti kemungkinan masih tetap, sebagian besar komponennya tidak ada perubahan terlalu signifikan, karena kelihatan sebagian besar masih berhatihati dalam berbelanja. 

“Yang jelas kelas menengah atas cenderung menahan belanja barang tahan lama. Belanja terkait rekreasi dan makanan/minuman justru naik,” tuturnya. 

BPS akan mengumumkan realisasi Indeks Harga Konsumen (IHK) atau inflasi pada Senin, 1 April 2024, pukul 11.00 WIB. 

Harga BBM April 2024 Stabil Cenderung Turun

Sementara itu, pada April 2024 sisi energi tidak akan mempengaruhi inflasi jelang Idulfitri 2024 yang jatuh pada pertengahan pekan depan. Pertamina sebagai penyalur BBM terbesar di Tanah Air menyatakan tidak ada perubahan harga atas produk yang mereka pasarkan. Sementara itu, dua perusahaan bahan bakar minyak (BBM) swasta menurunkan harga pada beberapa jenis BBM yang mereka jual pada bulan April 2024.

Harga BBM berbalik dari kebijakan Maret 2024....

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper