Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Lowongan Potensial dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Kementerian BUMN mengungkapkan ada sejumlah lowongan potensial yang membutuhkan SDM dalam jumlah besar.
Ilustrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024. Dok BUMN
Ilustrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024. Dok BUMN

Bisnis.com, JAKARTA – Rekrutmen Bersama BUMN 2024 resmi dibuka hari ini, Sabtu (23/3/2024). Kementerian BUMN mengungkapkan ada sejumlah lowongan potensial yang membutuhkan sumber daya manusia (SDM) dalam jumlah besar.

Tedi Bharata, Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, mengatakan terdapat beberapa lowongan yang dibutuhkan perusahaan pelat merah, di antaranya bidang pemasaran yang membutuhkan SDM paling besar.

Selain bidang pemasaran, Tedi juga menyampaikan bahwa bidang operasional, engineering, dan Teknologi Informasi (IT) juga membutuhkan SDM dalam jumlah banyak.

“Kita juga butuh banyak talenta-talenta di bidang IT dan keuangan. Selain itu, untuk legal and compliance juga dibutuhkan di BUMN,” kata Tedi dalam keterangan tertulis.

Dia menambahkan bahwa proses seleksi Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024 telah menerapkan sistem gugur di setiap tahapan. Penambahan berbagai komunikasi juga dilakukan.

Informasi terkait dengan RBB dapat diakses melalui situs web rekrutmen, email, telegram, call center whatsapp bisnis Forum Human Capital Indonesia (FHCI), serta helpdesk yang nantinya membantu calon peserta memahami seluruh proses dan tahapan seleksi.

“Kami sangat transparan, seluruh peserta dapat mengakses informasi tentang tahapan tes, bobot penilaian dan batas lulus secara lengkap dan jelas di website,” kata Tedi.

Ketua Umum FHCI Alexandra Askandar menyampaikan RBB 2024 akan dimulai dengan tahap tes kemampuan dasar atau TKD, akhlak, dan bahasa inggris. Selanjutnya, terdapat tes baru yakni tes wawasan kebangsaan dan learning agility.

Total, terdapat lebih dari 100 BUMN yang kembali berpartisipasi dalam RBB 2024 dengan membuka lapangan pekerjaan sebanyak 688 lowongan untuk 1.830 posisi.

Dalam mendukung inklusivitas dan kesetaraan, RBB 2024 tetap konsisten membuka peluang bagi pelamar dengan berbagai latar belakang, seperti pendidikan yang dibuka mulai dari SMA/sederajat hingga S2, fresh graduate dan experience hired, serta disabilitas.

Untuk pelamar disabilitas, proses rekrutmen akan dilaksanakan melalui mekanisme terpisah dari pelaksanaan reguler dengan lingkungan khusus untuk kenyamanan pelaksanaan tes.

Alexandra juga menuturkan agar calon peserta mencermati lowongan yang tersedia dengan memanfaatkan waktu yang cukup panjang yaitu 23 Maret 2024 hingga 1 April 2024, serta memahami seluruh informasi terkait ketentuan pelaksanaan RBB 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper